22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Peringatan HJK Padangpanjang Berlangsung Meriah

Peringatan HJK Padangpanjang Berlangsung Meriah

Peringatan HJK Padangpanjang Berlangsung Meriah. Hal itu di mulai dari Rapat Paripurna Istimewa DPRD hingga Pesta Rakyat di kawasan Pasar Pusat.


Padangpanjang, rakyatsumbar.id -Peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padangpanjang ke 223 Tahun 2023, begitu semarak dan meriah. Mulai dari Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Jumat (1/12) hingga pagelaran Pesta Rakyat di Kawasan Pasar Pusat Padangpanjang, Sabtu (2/12).

Padangpanjang Unggul dan Sejahtera menjadi tema Hari Jadi Kota (HJK) ke-233. Tema ini diusung atas cerminan dan capaian berbagai keberhasilan pembangunan yang diperoleh Kota Padangpanjang.

Hal tersebut juga sejalan dengan pembangunan Kota berjuluk Serambi Mekkah ini pada 2024 yaitu Peningkatan Perekonomian dan Kualitas SDM Berkarakter dan Berdaya Saing.

Penjabat (Pj) Walikota Padangpanjang Sonny Budaya Putra dalam sambutannya menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 77,97 pada 2021 menjadi 78,78 pada 2022.

Angka tersebut lebih tinggi dari dari Provinsi Sumbar yang sebesar 73,26.
Pada 2023 ini IPM ditargetkan dapat mencapai 78,97, katanya.

Pertumbuhan Ekonomi, lanjut Sonny, meningkat dari 3,46% pada 2021 menjadi 4,39% pada 2022. Angka tersebut lebih tinggidari provinsi yang sebesar 4,36%. Pada 2023 ini pertumbuhan ekonomi ditargetkan dapat mencapai 4,91%.

Dikatakannya lagi, Indeks Reformasi Birokrasi Kota Padang Panjang, telah mengalami peningkatan dari 55,19 pada 2021, menjadi 59,4 pada 2022. Ditargetkan mencapai 59,5 pada 2023.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah atau SAKIP Padangpanjang juga mengalami kenaikan. Dari nilai 61,95 dengan predikat B pada 2021, menjadi 62,91 pada 2022. Ditargetkan dapat meningkat menjadi 63,10 pada 2023.
Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah, alhamdulilah dapat dipertahankan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tujuh kali berturut-turut.

Hal ini menunjukkan stabilitas kinerja pengelolaan keuangan daerah yang baik dan memenuhi standar di Padangpanjang, ujarnya.

Semua capaian ini, sebut Sonny, tidak terlepas dari perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan dalam aspek pelayanan pemerintahan. Seperti penerapan smart city dengan pemberlakuan layanan-layanan online dan berbasis aplikasi.

Kemudian layanan perizinan online, administrasi kependudukan online, sistem pengaduan online, elektronifikasi transaksi Pemerintahan Daerah (cashless), Smart Hospital RSUD Padangpanjang, Call Center 112 dan lainnya.

Termasuk juga peningkatan transparansi, akuntabilitas dan komitmen sebagai kota berintegritas yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, imbuhnya.

Seterusnya, sebagai Kota Pendidikan, Pemerintah Kota senantiasa menempatkan pendidikan sebagai sektor utama dan berupaya memenuhi anggaran pendidikan 20% dari total APBD.

Tidak hanya fokus pada pendidikan dasar yang menjadi kewenangan Pemko, Padangpanjang juga concern dengan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, serta pendidikan agama. Salah satu program Pemko adalah membantu biaya pendidikan untuk siswa dan mahasiswa kurang mampu dan berprestasi.

Pada 2023 di tingkat SD dan SLTP telah difasilitasi penyaluran dana PIP kepada 882 siswa SD, 223 siswa SLTP. Dengan total realisasi sebesar Rp493.650.000. Sedangkan untuk tingkat SLTA dan perguruan tinggi, Pemko sudah merealisasikan beasiswa dari APBD kepada 130 orang dengan nilai sebesar Rp2 miliar lebih.

Di sisi lain, meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi bagi para pelajar Padangpanjang, Pemko sudah menjalin kerja sama dengan 10 perguruan tinggi.

Diantaranya University of Arizona Amerika Serikat, Sampoerna University, Universitas Negeri Padang, Politeknik Negeri Padang, ISI Padangpanjang, STIT Diniyyah Puteri, Akper Nabila, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Universitas Metamedia, Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa.
Sementara itu, Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumberdaya, drh. Eri Rinaldi, M.M mengucapkan selamat atas HJK Padangpanjang ke-233.

Menurutnya, kemajuan pembangunan di Padangpanjang terus terwujud sampai saat ini.

Rinaldi mengajak masyarakat Padangpanjang bisa menghadapi berbagai persoalan dan tantangan ke depan.

Jawab tantangan dengan karya. Tunjukan melalui masyarakat Padangpanjang dan Pemko sebagai pengelola pemerintahan yang tangkas, terukur mewujudkan kesejahteraan, ucapnya.

Rinaldi juga mengimbau masyarakat memberikan dukungan terhadap kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua DPRD Mardiansyah, S.Kom mengatakan peringatan HJK ke-233, 1 Desember 2023 adalah kali pertama dengan walikota yang dijabat Penjabat Walikota yakni Sonny Budaya Putra.

Untuk itu, harapan kita semua warga kota adalah menjadikan Padangpanjang semakin baik, demi kesejahteraan masyarakat, katanya.

Dengan disahkan dan disepakati bersama APBD 2024 secara jelas memuat program-program, termasuk program unggulan, yang diharapkan mampu mengubah wajah kota Padangpanjang semakin baik lagi.

Termasuk pembenahan dan penataan Pasar Pusat dan Pasar Kuliner untuk menggerakkan ekonomi warga kota. Islamic Center sebagai ikon objek wisata religi, maupun Sport Center yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Ketua KAN Bukit Surungan, Faiz Fauzan El Muhammady Datuak Bagindo Marajo menuturkan HJK ke-233 merupakan sarana melihat kembali sejauh mana amanah memelihara negeri yang dicintai.

Yaitu sebagai Kota Pendidikan, bahkan dulunya sebagai barometer perpolitikan. Sehingga Padangpanjang dulu menghasilkan para pemikir.

Kepada Pj wali kota, Faiz Fauzan berharap bisa bersinergi dengan DPRD. Mengevaluasi, maupun membenahi kekurangan yang masih ada. Lalu merampungkan RPJPD dalam satu niat mencari rida Allah dan mengurus umat.

Pada momentum Rapat Paripurna ke-233 ini, Pemko turut menyerahkan Pin Emas kepada 10 tokoh masyarakat yang dinilai berjasa terhadap pembangunan kota di berbagai bidang.

Turut hadir, Forkopimda, tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, pejabat dari berbagai daerah di Sumbar dan undangan lainnya.

Pesta Rakyat Berlangsung Semarak
Berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Pesta Rakyat memperingati HJK Padangpanjang ke-233, dipusatkan di kawasan Pasar Pusat itu, berlangsung sukses dan semarak. Berbagai kegiatan menarik digelar mengundang antusiasme warga berpartisipasi mengisi acara maupun hadir melihat suguhan hiburan.

Rangkaian Pesta Rakyat dimulai dari pagi hingga malam hari. Diawali dengan Lomba Mewarnai TK se-kota, Lomba Peragaan Produk UMKM, Personal Analysis Trend 2024, Fashion Show, Lomba Foto Model, Penampilan Talenta Kelurahan.

Puncaknya, pada malam hari masyarakat dihibur band lokal Victorem dari SMA N 2, penampilan tari SMAN 3, penampilan sejumlah Artis Minang yaitu Fauzana, Ajo Buset, Cabiak. Kemudian ditutup dengan KIM yang menyediakan banyak hadiah.

Pj Walikota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si saat memberikan sambutan pada puncak acara Pesta Rakyat menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya meramaikan Pasar Pusat sebagai sentra ekonomi masyarakat.

Pesta Rakyat merupakan gagasan dari pokok-pokok pikiran (Pokir) Anggota DPRD, Hukemri yang berasal dari APBD bekerja sama dengan Pemko.

Lebih lanjut Sonny mengajak memaknai momentum HJK guna memperkuat nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Peringatan HJK juga harus dapat memberikan spirit bagi masyarakat Padangpanjang dalam menjawab tantangan hari ini dan masa yang akan datang.

Insyaallah dengan persatuan dan kebersamaan semua masalah dapat kita atasi,” ujarnya.

Sementara itu, Hukemri mengatakan, terselenggaranya Pesta Rakyat ini merupakan wujud nyata sinergi DPRD dan Pemko dengan tujuan meramaikan Pasar Pusat. Dirinya berharap melalui kepemimpinan Pj Wako Sonny, mampu melahirkan inovasi agar Pasar Pusat makin menggeliat. (ned)

1 thought on “Peringatan HJK Padangpanjang Berlangsung Meriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.