08/08/2022
Beranda » Pantai Air Manis Belum Merdeka dari Sampah

Pantai Air Manis Belum Merdeka dari Sampah

TNI-Polri bersinergi dengan Pramuka dan organisasi masyarakat dalam membersihkan sampah di sekitar Pantai Air Manis Padang, Minggu (16/08/2020).

Padang, Rakyat Sumbar– Jelang perayaan dirgahayu Indonesia ke-75, Pantai Air Manis Padang belum merdeka dari sampah. Akibatnya, suasana Pantai Air Manis, tak semanis namanya.

Disinyalir,  pemandangan ini sudah biasa di Pantai Air Manis, meski tidak biasa bagi pengunjung pantai. Dari kantong plastik, potongan kayu, berserakan dihempaskan lautan ke bibir pantai.

Sampah menjadi momok tahunan di pantai-pantai yang merupakan obyek wisata di Kota Padang. Tentunya kondisinini saangat menjemukan bagi pengunjung Pantai Air Manis. Entah bagaimana dinas terkait dalam menata obyek wisata agar bersih dari sampah.

Berangkat dari itu, TNI AD bersinergi dengan Polri, Pramuka, serta organisasi masyarakat, melaksanakan karya bakti berupa gotong royong membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang Pantai Air Manis, Minggu (16/07/2020). Tak lebih dari 3 jam, sepanjang bibir Pantai Air Manis bersih dari sampah dan siap menyambut kedatangan wisatawan.

Danrem 032 WBR Brigjen TNI Arief Gajah Mada menjelaskan, kegiatan karya bakti ini berawal dari bersepeda dengan tujuan akhir di Pantai Air Manis Padang.

“Tujuan akhir saat kita bersepeda bersama Kapolda Sumbar yaitu Pantai Air Manis Padang. Disini kami melihat sampah-sampah yang terbawa ombak pantai berserakan kian kemari. Oleh karena itu bergandengan TNI dan Polri yang dibantu pramuka serta organisasi masyarakat, sepakat membuat kegiatan karya bakti dengan membersihkan sampah yang berada di sepanjang Pantai,” ucapnya.

Danrem menambahkan, kegiatan karya bakti ini juga dilaksanakan TNI Polri di seluruh Indonesia. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol. Rudy Sumardiyanto, S.H., M.Si.

“Tidak hanya di Kota Padang, kegiatan karya bakti ini juga dilakukan di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Danrem berharap, masyarakat turut menjaga kebersihan pantai. Selain keindahan, dengan menjaga kebersihan pantai, secara tidak langsung turut menjaga ekosistem alam dari bahaya kerusakan yang lebih parah.

“Setelah melaksanakan kegiatan ini, kami berharap tidak ada lagi sampah yang berserakan di pantai. Masyarakat dan pengunjung harap menjaganya, dan membuang sampah pada tempatnya” pungkasnya.

Anisa (34), salah seorang pengunjung mengatakan, sangat senang melihat Pantai Air Manis yang sangat bersih. Ia mengapresiasi kegiatan TNI- Polri bergotong royong membersihkan sampah yang ada di pantai.

“Pantai Air Manis pagi ini semakin manis dengan tidak ada sampah. Kami berharap kebersihan ini tetap terjaga dan terawat, agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung,” katanya.

Lebih lanjut,  Anisa berharap, Pemko Padang memiliki traktor pembersih sampah untuk dioperasikan di kawasan Pantai Air Manis.

“Saya juga pernah menikmati pagi di Pantai Ancol, Jakarta. Pengelola selalu membersihkan sampah dengan menggunakan traktor pembersih sampah. Saya harap Pemko Padang dapat menghadirkannya untuk meringankan kerja petugas kebersihan,” harapnya. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.