04/12/2022
Beranda » Koalisi Demokrat dan PAN Belum Final

Koalisi Demokrat dan PAN Belum Final

H. Mulyadi, Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar sekaligus Calon Gubernur Sumbar di Pilkada 2020.

Padang, rakyatsumbar.id – Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Partai Demokrat se-Sumatera Barat melaksanakan rapat konsolidasi untuk memenangkan pasangan Mulyadi-Ali Mukhni dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Desember 2020 mendatang. Rapat berlangsung di sebuah hotel di kota Padang, Sabtu (15/08/2020).

Ketua DPD Demokrat Sumbar, Mulyadi menjelaskan, selain memenangkan Pilgub, Partai Demokrat juga mendukung kadernya yang meramaikan bursa kepala daerah di Sumbar pada pilkada 2020 ini.

“Dari 13 kabupaten dan kota ditambah provinsi yang menggelar Pilkada 2020 di Sumbar ini, kita pastikan kader internal Partai Demokrat meramaikan bursa calon pimpinan daerah di lima wilayah. Kita sebut saja Irwan Fikri mencalonkan diri di Agam, Darman Sahladi di Limapuluh Kota, Sabar AS di Pasaman, Pasaman Barat ada Yulianto, Eka Putra di Tanah Datar, dan saya sendiri di Pilgub Sumbar yang bergandeng dengan PAN,” kata Mulyadi.

Katanya, Partai Demokrat juga mendukung calon pimpinan daerah yang notabene bukan kader dari Partai Demokrat di Pilkada 2020 di Sumbar ini.

“Untuk kabupaten Dharmasraya kita mendukung incumbent Sutan Riska. Pemilihan calon kepala daerah harus melalui survei oleh lembaga survei yang kredibel secara nasional. Buat apa kita mengusung seseorang, bila tidak berpeluang menang,” ungkap Mulyadi.

Partai Demokrat dan PAN sama-sama memiliki 10 kursi di DPRD Sumbar dan sama-sama menempatkan kadernya sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbar.
Sesuai Undang Undang Pemilu, syarat 13 kursi untuk dapat mengusung pasangan cagub-cawagub. Dengan total 20 kursi, dipastikan pasangan ini akan melangkah mulus untuk menjadi kontestan pilkada Sumbar.

Lebih lanjut, Mulyadi menjelaskan, deklarasi maju di Pilgub Sumbar 2020 ini tidak akan dilakukan secara terburu-buru.

“Pada saat ini Demokrat dan PAN yang telah mendukung kami. Dalam proses waktu, kita masih menunggu partai-partai lain. Karena masih banyak partai yang masih meraba-raba calon yang akan diusung dalam Pilgub 2020 ini. Biarlah kita berikan kesempatan partai-partai lain untuk memutuskan calon yang diusung, apalagi pendaftaran di September yang akan datang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, selain sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi saat ini juga merupakan anggota DPR RI tiga periode. Sedangkan pasangannya, Ali Mukhni yang menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman dua periode, Merupakan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.