05/03/2024
Beranda » Pakai Masker demi Cegah ISPA 

Pakai Masker demi Cegah ISPA 

Walikota Padang, Hendri Septa


Padang, rakyatsumbar.id — Walikota Padang Hendri Septa mengimbau warga kota setempat  supaya mengenakan masker. Imbauan ini lantaran kabut asap belum hilang di Kota Bengkuang itu.

“Kami mengimbau warga untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah, demi mengurangi dampak Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA),” kata Hendri, Rabu (4/10).

Ia menyampaikan, kabut asap akan mudah terdampak terhadap lanjut usia (Lansia), anak-anak, ibu hamil, dan kelompok rentan. Oleh sebab itu, kelompok rentan tidak  beraktifitas di luar rumah.

“Kami terus mengingatkan, supaya mengeakan masker, seperti masker bedah atau masker berstandar N95 / KN95 / KF94,” ungkap Hendri Septa.

Menurut Hendri, warga yang mengalami gangguan kesehatan seperti gangguan pernafasan dan iritasi, supaya mendatangi pusat layanan kesehatan terdekat, seperti Puskesmas, klinik, maupun rumah sakit.

“Agar tidak terpapar ISPA, perbanyak mengonsumsi air putih dan buahan segar. Sejak munculnya kabut asap di Padang, cukup banyak warga yang terpapar. Pada umumnya warga mengalami flu, batuk, serta iritasi,” sebut Hendri Septa.

Hendri Septa juga mengimbau warganya tidak melakukan aktifitas pencemaran udara, seperti membakar sampah, ban, dan lainnya.

Imbauan ini tertuang dalam Surat Edaran bernomor 441.7/4769/DKK/2023. Warga diharapkan dapat mematuhi edaran ini agar terhindar dari penyakit ISPA dan lainnya.(byr/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.