16/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Padang Sabet Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

Padang Sabet Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

Walikota Padang Hendri Septa

Walikota Padang Hendri Septa

Padang, rakyatsumbar.id – Kabar gembira datang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kota Padang meraih penghargaan “Nirwasita Tantra 2021”. Jika tak ada halangan, Walikota Padang menjemput langsung penghargaan itu pada 20 Mei mendatang.

Kabar baik itu sampai ke telinga Walikota Padang Hendri Septa, Jumat (13/5/2022). Mendengar kabar itu, Hendri Septa berucap syukur.

Alhamdulillah, penghargaan ini kembali kita raih. Ini merupakan bukti bahwa selama ini kita terus membangun kota dengan baik.”

“Terimakasih kepada seluruh warga kota yang telah mendukung pembangunan,” kata Hendri Septa.

Penghargaan ‘Nirwasita Tantra” merupakan program dari Kementerian LHK untuk menilai kebijakan Kepala Daerah bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

Kota Padang meraih “Nirwasita Tantra” untuk kategori Kota Besar. Rencananya, Menteri LHK RI Siti Nurbaya menyerahkannya pada 20 Mei 2022 mendatang, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menjelaskan, penghargaan ‘Nirwasita Tantra” ini merupakan penghargaan atas komitmen walikota.

Termasuk Ketua DPRD dan kepala dinas dalam mengatasi dan mengurangi dampak terhadap permasalahan lingkungan.

Seperti pencemaran udara, pengelolaan sampah, termasuk juga dari segi penganggaran.

Mairizon menekankan, penghargaan ini juga tidak lepas dari sejumlah inovasi dan kerja keras yang dilakukan oleh DLH Kota Padang.

Antara lain, seperti memasang CCTV di mobil pengangkut sampah, membentuk tim penegakkan hukum pada area-area tertentu terjadi pelanggaran dan menerbitkan Perwako, dimana bagi masyarakat yang melaporkan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan akan diberikan insentif.

“Kota Padang masuk ke dalam kategori Kota Besar.”

“Di Indonesia hanya 3 kota yang menerima penghargaan ini yakni, Kota Padang, Balikpapan dan Surabaya,” pungkas Kadis LH Kota Padang.(ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.