18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Optimalkan Tim PDKB, PLN UID Sumbar Kawal Sistem Kelistrikan Selama Pesta Demokrasi Tanpa Padam

Optimalkan Tim PDKB, PLN UID Sumbar Kawal Sistem Kelistrikan Selama Pesta Demokrasi Tanpa Padam

Optimalkan Tim PDKB, PLN UID Sumbar kawal sistem kelistrikan selama pesta demokrasi Tanpa Padam.


Padang, rakyatsumbar.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat terus mengawal sistem kelistrikan dalam kondisi aman dan andal selama pelaksanaan Pesta Demokrasi Tahun 2024 di ribuan titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat.

General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho, menegaskan bahwa sejak dua bulan yang lalu PLN telah melakukan langkah-langkah preventif guna menjaga keandalan pasokan listrik di seluruh lokasi prioritas, mulai dari TPS, TPS Khusus seperti Lapas dan pesantren, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sumatera Barat, 19 Kantor KPUD, Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Banwaslu) dan Panwaslu, hingga kantor kecamatan tempat pengumpulan kotak suara.

“Guna menjaga keandalan pasokan listrik selama masa siaga pemilu tahun 2024, PLN sudah menyiapkan pasokan listrik yang andal di 17.572 titik TPS dan menyiapkan 169 posko siaga yang tersebar di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat dengan melibatkan 1.359 personil PLN,” terang Eric.

Tidak hanya itu, pada momen spesial ini, PLN UID mengoptimalkan pasukan elite khusus yang disebut Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), yang terdiri dari 3 Tim, 2 Tim dari PLN UP3 Padang (1 Tim Berjarak dan 1 Tim Sentuh Langsung) dan 1 Tim dari PLN UP3 Bukittinggi (Metode Berjarak), dengan total 27 personil yang siap bekerja tanpa harus memadamkan aliran listrik.

Tim PDKB, jelas Eric, merupakan pasukan elite PLN yang bertanggung jawab atas penugasan-penugasan khusus yang berisiko tinggi. Tim ini terdiri dari individu-individu terpilih dengan keterampilan dan kompetensi khusus.

“Pasukan PDKB terlatih untuk melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor, maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati listrik meskipun jaringan listrik butuh perbaikan,” ungkap Eric.

Eric menambahkan kehadiran tim PDKB PLN UID Sumbar pada momen pesta demokrasi ini dapat meningkatkan kualitas kelistrikan kepada masyarakat saat melaksanakan Pemilihan Umum di seluruh TPS di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, kehadiran tim PDKB juga dapat mendukung kinerja PLN dengan mengurangi energi yang tidak terlayani atau Energy Not Served (ENS).

Meskipun memiliki risiko tinggi, Tim PDKB selalu memprioritaskan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta Standar Operasional Prosedur (SOP) di setiap pekerjaannya. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan oleh PLN melebihi harapan dan mendapat respons positif dari masyarakat, terutama pada momen pesta demokrasi. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.