15/06/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Mutasi dari Riau, Ini Profil Singkat Pimpinan Baru Kakanwil Kemenag Sumbar

Mutasi dari Riau, Ini Profil Singkat Pimpinan Baru Kakanwil Kemenag Sumbar

Menteri Agama melantik Mahyudin sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), 25 Oktober 2023 di Jakarta.


Padang, rakyatsumbar.id – Pelantikan Mahyudin sekaligus menggantikan posisi Helmi yang dalam waktu bersamaan juga dilantik sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Seiring dengan itu, Mahyudin juga melepas jabatannya sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau yang sudah diembannya sejak 05 Maret 2019 lalu. Sebelum menjadi Kakanwil ia ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) Kakanwil terhitung Oktober 2018.

Mahyudin merupakan putra asli daerah Riau yang lahir di Kampar, 13 Juni 1970. Dalam kesehariannya, Mahyudin dikenal sebagai sosok pemimpin yang humanis dan berkarakter. Ia juga memiliki kedekatan emosional dengan ASN di lembaga yang dipimpinnya.

Pria berpenampilan sederhana ini memulai karirnya menjadi pegawai di KUA Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau tahun 1995-1998. Kemudian Penghulu Muda/Kepala KUA Kec. Langgam Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau tahun 1998-2000.

Seiring berjalan waktu, karirnya terus menanjak naik. Ia diamanahkan menjadi pejabat eselon IV pertama sebagai Kasi Pengembangan Keluarga Sakinah Kanwil Depag Provinsi Riau tahun 2002.

Beberapa jabatan kepala seksi sudah dikenyamnya di Kanwil Kemenag Riau. Bahkan sebelum menjadi pejabat eselon III, ia dipercayakan sebagai Kasubbag Hukmas dan KUB Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Riau tahun 2012.

Jenjang karirnya terus naik, Mahyudin diamanahkan menjadi pejabat eselon III dengan menjadi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau tahun 2012-2017, kemudian dirotasi menjadi Kepala Bagian Tata Usaha tahun 2017-2019.

Setelah menjabat pelaksana tugas (plt) 5 bulan sepeninggal Ahmad Supardi yang dimutasi 2018, ia resmi dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Riau tahun 2019, hingga ia dinobatkan Menteri Agama sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sumbar.

Bahkan tahun 2016, ia juga dipercaya sebagai pelaksana tugas Kakanwil Kemenag Riau ketika Tarmizi Tohor dipromosikan menjadi direktur di Ditjen Bimas Islam Kemenag RI.

Dihubungi melalui telepon seluler, Mahyudin mengakui, dilantik sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, sebuah tantangan baginya. Karena sejak diangkat sebagai PNS hingga jadi Kakanwil, Mahyudin bertugas di Provinsi Riau bahkan semua jenjang pendidikannya pun di tanah kelahiran.

“Ini tantangan baru bagi saya dalam meniti jenjang karir. Ini juga peluang emas bagi saya untuk lebih mengenal dan berbuat banyak di Sumatera Barat yang merupakan provinsi tetangga Riau,” ungkapnya, Kamis (26/10).

“Saya bersyukur dan berterima kasih atas amanah yang telah dipercayakan pimpinan kepada saya. Dan saya siap menjalankan dan melanjutkan program kerja di Sumatera Barat, terutama program prioritas Menteri Agama,” sambung Kakanwil..

Untuk itu, ia mohon dukungan kepada jajaran Kanwil Kemenag Sumatera Barat dalam melaksanakan tugasnya. Namun ia berkomitmen dan siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan stage holder yang ada.

Terakhir ia juga mengucapkan selamat kepada Helmi yang dilantik sebagai Kabiro di UIN Jambi. “Semoga lebih sukses di tempat yang baru. Dan kami mohon petunjuk dalam menjalankan amanah baru di Sumbar,” pungkasnya. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.