22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Momen Wisuda UNP Diwarnai Linangan Air Mata

Momen Wisuda UNP Diwarnai Linangan Air Mata

Yanti menghadiri wisuda anaknya, dengan berbekal pas foto anaknya alm Frengki Candra Kusuma


Padang, rakyatsumbar.id
Linangan airmata tak terbendung dari setiap orang yang hadir saat gelaran hari ke dua acara wisuda yang ke- 133 periode Desember 2023 di Universitas Negeri Padang (UNP).

Ya, pada gelaran wisuda yang ke- 133 periode Desember 2023 di UNP, dua orang mahasiswa UNP yang merupakan korban erupsi gunung merapi pada 3 Desember 2023 yang lalu turut di wisuda. Almarhumah Siska Afrina dan almarhum Frengki Candra Kusuma turut di wisuda dengan di wakili oleh kedua orang tua mereka.

Almarhumah Siska Afrina anak pasangan dari Mentas Wardi dan Murni ini mendapatkan IPK 3,45. Siska Afrina merupakan korban terakhir yang ke 23 yang berhasil dibawa turun oleh petugas gabungan. Siska Afrina yang merupakan mahasiswi dari Pendidikan Non Formal Fakultas Ilmu Kependidikan (FIK) ditemukan dalam keadaaan tewas saat di evakuasi.

Sedangkan Almarhum Frengki Candra Kusuma dari juga dari Pendidikan Non Formal FIK turut di wisuda dengan IPK 3,43. Frengki Candra Kusuma merupakan seorang hafiz Al Quran.

Semasa hidup berdasarkan penuturan rekan-rekannya, Frengki sangat sering membantu kerabatnya mengajar anak di lingkungan untuk belajar mengaji.

Walau telah mempersiapkan diri untuk mengikuti wisuda, tetapi Siska Afrina dan Frengki Candra Kusuma, tidak sempat mengenakan toga wisuda yang telah lama di impi-impikan. Kedua nya, menjadi korban dari keganasan erupsi gunung merapi.

“Frengki ibu kuat,” rintih Yanti ibu Frengki Candra Kusuma saat menghadiri wisuda anaknya, Senin, (18/12)

Susana haru tersebut turut menyulut emosi ribuan pasang mata yang mengikuti seremonial wisuda UNP yang ke – 133. Deraian air mata tak tertahan, isak tangis pun terdengar, termasuk dari para pewarta yang turut meliput kegiatan wisuda tersebut.

Murni, orang tua dari almarhumah Siska Afrina menjelaskan, anaknya telah lama menyiapkan kebutuhan untuk kegiatan wisuda ini. “Anak saya telah lama mempersiapkan perlengkapan untuk mengikuti wisuda. Pada saat ini, pakaian untuk mengikuti wisuda kami simpan untuk menjadi kenang-kenangan,” ucapnya degan linangan air mata.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. meminta untuk segenap yang hadir berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing bagi korban erupsi Gunung Merapi pada 3 Desember 2023 yang lalu.

“ Marilah sejenak kita berdoa menurut agama dan keyakinan kita masing-masing, bagi korban erupsi Gunung Marapi, terkhusus pada empat orang mahasiswa UNP dan dua orang Iluni UNP. Keempat orang mahasiswa tersebut adalah Frengki Candra Kusuma dan Siska Afrina yang keduanya merupakan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Non Formal FIP. Sementara dua orang lainnya adalah Reyhani Zahra Fadli merupakan mahasiswa baru dari Prodi S1 Keperawatan FPK dan Liarni mahasiswa Prodi S1 Tata Rias dan Kecantikan FPP. Selanjutnya dua orang alumni masing-masing adalah Nurfa Afitri Alumni Teknik Elektronika FT angkatan 2015 dan Bripda Muhammad Iqbal Alumni Prodi S1 Geografi FIS yang juga seorang anggota Kepolisian Polda Sumbar.”

“Untuk mereka semua, sejenak kita mengirimkan Alfatihah dan semoga almarhum dan almarhumah menjadi Ahlul Jannah,” jelas Ganefri. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.