02/03/2024
Beranda » Mardiansyah Kunjungi Korban Tanah Longsor Tidak Tersentuh Bantuan, Langsung Hubungi Dinas Terkait

Mardiansyah Kunjungi Korban Tanah Longsor Tidak Tersentuh Bantuan, Langsung Hubungi Dinas Terkait

Padangpanjang, rakyatsumbar.id–Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah, A.Md menyambangi salah satu rumah warga di RT 03, Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padangpanjang Timur, Selasa (06/06/2023).

Kunjungan tersebut karena adanya laporan warga, yang belum mendapatkan bantuan pasca rumahnya terkena runtuhan tanah longsor pada Februari lalu.

Saat melihat kondisi lapangan, Mardiansyah yang akrab disapa Adi Riki itu, langsung menghubungi dinas terkait. Turut hadir dikesempatan itu, Kepala Dinas Perkim LH, Alvi Sena, Lurah Koto Panjang, Wira Jaya Septika, perwakilan Dinas Sosial, Baznas, BPBD, Ketua RT 03, Eko Setiawan dan perangkat, serta pihak terkait lainnya.

Adi mengatakan, untuk lokasi rumah warga tersebut dinilai memang cukup rawan untuk ditinggali, disebabkan lokasi rumah yang berada di lereng, serta kondisi tanah yang tidak stabil.

“Untuk dilakukan pendaman saya rasa tidak mungkin, karena membutuhkan biaya besar. Karena tebing yang lumayan tinggi dan hanya terdapat satu rumah di lokasi itu. Tapi kita akan mencarikan solusi yang terbaik,” jelas Adi.

Mina (31) pemilik rumah tersebut mengaku, saat ini ia menumpang dirumah saudarinya, karena takut kejadian serupa terulang lagi apabila hujan.

“Kami masih takut untuk tinggal disini. Kami berharap bisa segera dibantu, dan kami bisa tinggal kembali disini,” harap ibu 4 orang anak itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim LH, Alvi Sena mengatakan, kondisi tebing disamping rumah tersebut, kemiringannya diatas 45°.

“Tanah tebing ini harus kita buat berjenjang, agar aman. Inshaa Allah secepatnya akan kita kerahkan anggota untuk melakukan pengerjaan, dan pemilik rumah bisa tinggal kembali disana,” jelasnya.

Untuk teknis pengerjaan, kata Alvi Sena, harus memiliki izin dari pemilik tanah disamping, apabila sudah memiliki izin, baru bisa untuk dikerjakan.

“Untuk sementara, kita akan bentuk jalur air sebagai antisipasi saat hujan, agat tidak mengarah ke rumah,” paparnya.

Ketua RT 03, Eko Setiawan mengatakan, pihaknya akan membantu mengurus izin yang diminta.

“Untuk pengurusan izin, kami yang akan membantu,” jelasnya.

Saat kejadian, kata Eko, sudah diberikan bantuan dari dinas sosial.

“Dari BPBD dan masyarakat juga membantu melakukan pembersihan tanah longsor tersebut,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Eko juga mengusulkan rumah tersebut, masuk ke dalam bantuan bedah rumah.

“Rumah ibu Mina ini, dindingnya hanya menggunakan papan sibran, ini patut dibantu,” pungkasnya. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.