22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Manajer Astra, Doktor Lulusan Terbaik 

Manajer Astra, Doktor Lulusan Terbaik 

Dr. H. Renil Septiano, S.E., M.M., C.DMP (tengah) bersama keluarga.


Padang, rakyatsumbar.id – Dr. H. Renil Septiano, S.E., M.M., C.DMP, adalah contoh nyata dari bagaimana dedikasi, semangat, dan ketekunan dapat mengubah seseorang dari seorang pelajar biasa menjadi seorang pemimpin dalam pendidikan, bisnis dan pelayanan masyarakat.

Lahir di Painan pada 28 September 1977 silam, sebagai anak dari Drs. H. Lainin Habib dan Hj. Asni Syamsuddin, Renil tumbuh dalam keluarga yang sarat dengan nilai-nilai kejujuran dan kerja keras, di mana ia adalah salah satu dari empat bersaudara.

Perjalanan pendidikan Renil dimulai di SDN 01 Painan, di mana ia memperoleh dasar-dasar pendidikan pada tahun 1989. Keterampilan akademisnya kemudian membawanya melanjutkan ke SMPN 7 Padang, di mana ia lulus pada tahun 1992.

Renil kemudian meraih keberhasilan dengan menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMAN 2 Padang pada tahun 1995.

Semangatnya untuk meraih pencapaian akademis yang lebih tinggi membawanya meraih gelar D3 Akuntansi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada tahun 1998. Namun, itu hanya awal dari perjalanan pendidikannya.

Renil terus menggali ilmu dan pengetahuan, memperoleh gelar Sarjana S1 Jurusan Akuntansi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YPKP Bandung pada tahun 2001.

Namun, kerinduannya untuk belajar lebih banyak tak pernah surut. Pada tahun 2015, ia meraih gelar Magister Manajemen dari STIE KBP Padang. Akan tetapi, pencapaian puncaknya adalah ketika ia memutuskan untuk mengejar Program Doktor Manajemen di Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang, dengan fokus pada bidang Marketing.

Pada 24 Oktober 2023, Renil berhasil meraih gelar doktoralnya dengan nilai cumlaude dalam sebuah sidang terbuka yang memukau. Pencapaiannya ini bahkan semakin mengkilap karena ia dianugerahi predikat lulusan terbaik dalam program doktoral tersebut.
Renil Septiano dibimbing oleh Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc., Rektor UPI YPTK Padang, sebagai promotor utama, dan Dr. Yulasmi, S.E., M.M., Dekan Fakultas Ekonomi UPI YPTK, sebagai co-promotor.

Prestasinya dalam dunia akademik hanyalah sebagian dari kesuksesannya. Saat ini, Renil memegang jabatan sebagai Manajer di PT. Astra International – Toyota Sales Operation. Kecepatan kenaikan karirnya luar biasa, ia meraih posisi manajerial hanya dalam waktu 2 tahun dan meraih penghargaan finansial Auto 2000 sebagai pengakuan atas prestasinya yang gemilang.

Renil telah bertugas di berbagai kota, seperti Bandung, Karawang, Cirebon, Denpasar, dan kini di Padang. Kiprahnya yang cemerlang di dunia bisnis otomotif menjadikannya salah satu individu paling dihormati di industri ini.

Namun, kesuksesan Renil tidak hanya terbatas pada dunia akademik dan bisnis. Ia juga aktif dalam pelayanan masyarakat. Sebagai pengurus Masjid Surau Darul Jannah dan pemilik Rayhan Toko Muslim, ia berperan aktif dalam komunitasnya.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Alumni sekolahnya, menunjukkan kesetiaannya terhadap almamaternya.
Renil juga menyumbangkan pengetahuannya sebagai seorang dosen yang berbagi pengetahuan dengan mahasiswa dan telah menghasilkan buku serta jurnal yang mendapat reputasi baik di tingkat nasional dan internasional (Scopus). Pengabdian kepada masyarakat juga menjadi bagian penting dari kehidupannya.

Hobi bermain tenis meja adalah bagian tak terpisahkan dalam kehidupannya, dan ia pernah meraih juara 1 dalam turnamen tenis meja Astra Grup. Renil juga gemar berolahraga, senang bergaul dan memprioritaskan silaturahmi dengan teman-temannya.

Pada tahun 2013, ia berhasil menunaikan ibadah haji, yang merupakan salah satu momen puncak dalam perjalanan spiritualnya. Selain itu, ia juga menjalankan tugas sebagai pejabat penghulu di kampungnya, membuktikan keterlibatannya dalam pelayanan masyarakat.

Namun, kesuksesannya tak berhenti di sana. Renil juga memiliki minat yang mendalam dalam digital marketing. Ia telah membangun saluran YouTube yang sudah monetisasi, di mana ia membuat video, mengambil gambar, dan mengeditnya sendiri. Fotografi adalah salah satu minat lainnya yang ia kembangkan dengan penuh semangat.

Tak hanya dalam berbagai bidang tersebut, Renil juga memegang peran penting sebagai kepala keluarga. Ia memiliki seorang istri yang mendukungnya sepenuhnya dan memiliki empat orang anak yang tumbuh dalam atmosfer cinta, dedikasi, dan semangat kesuksesan yang ditanamkan oleh Renil.

Dr. H. Renil Septiano adalah bukti hidup bahwa dengan dedikasi, semangat, dan komitmen, seseorang dapat mencapai puncak kesuksesan di berbagai bidang kehidupan. Ia adalah inspirasi bagi banyak orang yang bermimpi untuk meraih prestasi luar biasa dalam pendidikan, bisnis, dan pelayanan masyarakat.

Renil adalah contoh bagaimana membagi waktu di antara berbagai kesibukan sebagai karyawan, dosen, mahasiswa S3, entrepreneur, olahragawan, pengurus masjid, kepala keluarga, penghulu di kampung, praktisi digital marketing, menjalin silaturahmi dengan teman-teman seangkatannya, dan terlibat dalam kegiatan sosial lainnya. Kehidupannya adalah bukti nyata bahwa ketekunan dan semangat dapat membawa kita meraih hal-hal luar biasa dalam hidup. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.