05/03/2024
Beranda » Ali Mukhni, Bupati Padangpariaman Dua Periode Tutup Usia

Ali Mukhni, Bupati Padangpariaman Dua Periode Tutup Usia

Bupati Padangpariaman dua periode, Ali Mukhni tutup usia.

Padang, rakyatsumbar.id Mantan Bupati Padangpariaman dua periode yang juga mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Ali Mukhni tutup usia di RSUD Pariaman, pukul 11.50 WIB, Sabtu (28/10/2023).

Kabar meninggalnya Ali Mukhni itu disampaikan sejumlah tokoh masyarakat dan disampaikan Sekretaris DPW Partai Nasdem Sumbar Ardyan di salahsatu grup, Watsapp Group TOP 100.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Ali Mukhni, Mantan Bupati Padangpariaman,” ungkap Ardyan.

Sejumlah tokoh mengaku terkejut dengan kabar duka tersebut, karena masih banyak yang berkomunikasi dengan almarhum beberapa waktu terakhir.

Kepala Inspektorat Pemkab Padangpariaman Hendra Aswara ketika dihubungi mengatakan, almarhum Ali Mukhni disemayamkan di kediaman putranya di Rawang dan akan dimakamkan Minggu (29/10/2023) di kampung halamannya, Kampung Dalam, Padangpariaman.

“Saat ini tengah menanti kedatangan Ibu (Rena Sofia, istri Ali Mukhni, red) yang dalam perjalanan dari Pekanbaru,” kata Hendra yang lama menjadi ajudan Ali Mukhni ketika menjabat bupati.

Sebelum pemakaman besok, kata Hendra, almarhum akan disemayamkan terlebih dahulu di Kantor Bupati sebagai penghormatan terakhir pada almarhum Ali Mukhni yang telah berjasa dalam pemerintahan dan pembangunan Kabupaten

Terpisah, Wartawan Senior Wiztian Yoetri juga mengungkapkan rasa duka mendalam atas meninggalnya Ali Mukhni. “Tadi malam, beliau masih komunikasi dan mengabarkan rencana kunjungan Pak Anies Baswedan ke Padangpariaman minggu depan,” ungkap Wiztian Yoetri yang biasa disapa Pak Cici.

Sebagaimana diketahui, Ali Mukhni merupakan sosok tokoh yang dikenal luas dalam pemerintahan dan dunia politik Sumatera Barat. Dia telah melewati perjalanan karir yang panjang dan beragam.

Ali Mukhni mengemban jabatan Bupati Padangpariaman periode 2010–2015 dan 2015–2020. Sebelumnya, dia pernah menjabat Wakil Bupati Padangpariaman periode 2005-2010.

Sebelum terjun ke politik, Ali Mukhni memiliki latar belakang sebagai pendidik. Ia pernah mengajar di beberapa Sekolah Teknik Menengah (STM) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) termasuk SMA 10 Padang.

Pada Pilkada 2020, Ali Mukhni mencalonkan diri sebagai calon Wakil Gubernur Sumatera Barat mendampingi Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Mulyadi. Pada kontestasi Pemilu 2024 ini, Ali Mukhni kembali ke politik dengan bergabung ke Partai Nasdem dan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Dapil Sumbar 2.(suk/rpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.