rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Mahasiswa ISI Gelar Pemutaran Film Perjuangan Orang Rantai

Mahasiswa ISI Gelar Pemutaran Film Perjuangan Orang Rantai

Kegiatan Pemutaran Film Perjuangan Orang Rantai di Stasiun Lambung Kota Bukittinggi

Bukittinggi, rakyatsumbar.id – Mahasiswa Jurusan TV dan Film ISI Padangpanjang Dahlia Braga Yova menggelar pemutaran film Orang Rantai Swahlunto di Stasiun Lambuang (01/07/2024) malam.

Yova mengatakan, film ini bercerita tentang buruh paksa tambang batu bara yang dianggap melawan kebijakan pada zaman Belanda di Ombilin, Kota Sawahlunto.

“Buruh ini disebut Orang Rantai karena tangan, kaki dan leher mereka dirantai agar tidak melarikan diri,” papar pengkarya yang berkreatkfitas di Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang.

Film Orang Rantai merupakan salah satu dari sepuluh karya yang ditanyangkan pada senin, 20.30 wib di objek wisata kuliner Stasiun Lambung.

Yova menambahkan, film dokumenter Orang Rantai Sawahlunto dapat dinikmati oleh semua kalangan dan diterima baik di tengah masyarakat Indonesia, karena ini merupakan sejarah masa lalu bangsa Indonesia.

Pembawa Acara, Gery mengatakan, acara pemutaran film ini bertema Mimpi di Balik Layar dengan sepuluh karya yang diputar yaitu lima film fiksi dan lima film dokumenter.

“Pemutaran di Stasiun Lambuang ini merupakan kedua kali penayangan Tugas Akhir mahasiswa di luar kampus,” ucapnya.

Sekretaris Jurusan TV dan Film ISI Padangpanjang  Maisaratun Najmi mengatakan, pihak lembaga berharap semua film mahasiswa baik tugas semester maupun tugas akhir dapat ditayangkan di ruang publik.

“Hal ini  agar masyarakat dapat menikamati hasil karya dari mahasiswa kampus ISI Padangpanjang dan ini juga menjadi salah satu cara mahasiswa membuktikan kemampuannya kepada masyarakat,” tuturnya. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.