18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Lewat Program Semata,  Wako Hendri Septa Ingin Ketuk Hati Para Pengusaha

Lewat Program Semata,  Wako Hendri Septa Ingin Ketuk Hati Para Pengusaha

Walikota Padang Hendri Septa saat mengunjungi keluarga Jasril.

Walikota Padang Hendri Septa saat mengunjungi keluarga Jasril.

Padang, rakyatsumbar.id  – Bulan suci Ramadan menjadi bulan penuh berkah bagi keluarga Jasril,50. Keluarga tersebut terpilih mengikuti program Semalam di Palanta (Semata) yang digagas oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.
Maka dari itu, ia beserta istrinya Amelia Syam, 37, dan tiga anaknya dijemput langsung oleh walikota ke kediamannya yang berada di RT01/RW06, Bukik Karan, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Senin (18/4/2022).
Turut hadir mendampingi wali kota, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa.
Setiba di kediaman Jasril, Wali Kota Hendri Septa beserta istri langsung melihat keadaan rumah Jasril.
Dari sisi luar rumah yang didiami Jasril dan keluarga memang sangat tidak layak huni. Hal itu dikarenakan bagian atap rumah sudah bolong-bolong.
Dinding rumah beralaskan papan lusuh semakin menambah keprihatinan.
Ketika ditanyai seputar kondisi dan aktivitasnya sehari-hari, istri Jasril Amelia Syam mengatakan, bahwa kehidupan keluarganya jauh dari kata cukup.
Suaminya bekerja sebagai buruh lepas di salah satu pabrik CPO kelapa sawit di kawasan Gauang.
Sementara dirinya dua kali seminggu harus pergi berjalan kaki ke Pasar Raya Padang. Untuk meminta sumbangan guna mencukupi kebutuhan keluarga.
“Kami berdua sama-sama bekerja tapi tidak tetap. Suami saya kerja dua kali seminggu sebagai buruh lepas di pabrik. Begitu juga dengan saya hanya dapat seminggu dua kali ke Pasar Raya Padang untuk meminta sumbangan,” jelasnya.
“Untuk rumah kami atapnya sudah banyak yang bocor dan setiap kali hujan turun, air hujan pun membasahi kita.”
Begitu juga sewaktu cuaca panas kami kepanasan di dalam rumah. Sumber air bersih juga tidak ada, sehingga kami untuk mandi menumpang ke rumah tetangga atau menunggu hari hujan agar airnya bisa kami tampung untuk bisa mandi,” imbuhnya menceritakan.

Buka Pintu Hati

Mendengar curhatan hati keluarga Jasril tersebut, Wali Kota Padang Hendri Septa tak bisa berkata apa-apa.
“Melalui program Semata ini kami ingin mengetuk pintu hati bapak ibu, para pengusaha yang memiliki harta berlebih.”
“Mari kita bantu warga yang kurang mampu di Kota Padang ini. Masih banyak warga Kota Padang yang membutuhkan uluran tangan kita semua” ajak Wako Hendri Septa.
Program Semata Walikota Padang ini tengah memasuki Jilid II. Keluarga Jasril merupakan keluarga ke tujuh dari 11 keluarga yang masuk dalam program Semata tahun ini.
Dalam program Semata ini keluarga yang terpilih akan  menginap di Rumah Dinas Walikota Padang. Selanjutnya berbuka puasa bersama, salat tarwih bersama, sampai nanti Sahur bersama.
Sebelum ke rumah dinas wali kota, keluarga Jasril terlebih dahulu di ajak bermain ke Plaza Andalas. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.