Kolaborasi Vaksinasi Covid-19 di GOR Rang Agam, Ada Sembako hingga Tiket Pesawat

858

Agam, rakyatsumbar.id–Harian Padang Ekspres (Harian Rakyat Sumbar Group) bersama Pemprov Sumbar, Pemerintah Kabupaten Agam dan Polres Agam serta Honda Gajah Motor berkolaborasi menggelar gebyar vaksinasi massal gratis untuk umum, pukul 09.00-16.00, Kamis (18/11/2021).

Program percepatan herd immunity dan pemulihan ekonomi itu akan digelar di GOR Rang Agam, Lubukbasung. Ditargetkan hadir lebih dari 1.000 orang.

Kegiatan ini juga diisi edukasi dari dokter sehingga bisa menjelaskan semua hal terkait vaksin dan vaksinasi sehingga peserta mendapatkan informasi yang kredibel dan terhindar dari hoaks.

Kasat Lantas Polres Agam Iptu Apriman Sural mengungkapkan apresiasi atas adanya kolaborasi yang digagas Padang Ekspres ini.

Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan capaian vaksinasi di Agam. Apalagi kolaborasi ini juga melibatkan BPBD, Dinas Kesehatan, Bagian Umum, Diskominfo serta para wali nagari dan jorong.

“Kami juga sediakan sarana transportasi untuk jemput-antar para peserta yang ikut vaksin,” kata Apriman Sural saat meninjau lokasi pelaksanaan gebyar vaksinasi massal itu bersama Direktur Padang Ekspres Online Padek.co Heri Sugiarto, Ketua Pantia/ Manager EO Padek Dicky Junaidi dan Tim Padang Ekspres di GOR Rang Agam, Senin (15/11/2021).

Lebih jauh, dia mengajak seluruh unsur tokoh masyarakat, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang di tiap wilayah kabupaten bisa ikut vaksinasi di GOR Rang Agam.

“Kami mengajak masyarakat yang belum divaksin, terutama di wilayah Kecamatan Lubukbasung agar segera vaksin karena penting untuk membentengi diri kita, saudara dan anak kemenakan kita dari penularan Covid-19. Jangan lupa jaga selalu protokol kesehatan di lokasi nanti ya,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dilakukan secara kolaborasi karena pihaknya juga tengah menggelar vaksinasi dalam rangka Operasi Zebra Singgalang 2021 mulai Senin (15/11/2021) hingga 29 November 2021.

Sementara itu, Ketua Panitia Dicky Junaidi menyebutkan, gebyar vaksinasi ini sengaja digelar di Agam karena dari laporan capaian harian, masih banyak yang belum divaksinasi. “Sehingga Padang Ekspres tergerak berkolaborasi dengan Pemkab dan Polres serta para mitra untuk menggelar vaksinasi di Agam. Sebelumnya, kita sudah gelar di Padang dan Tanahdatar,” jelas Dicky.

Dicky menambahkan bahwa pihaknya dalam kegiatan ini didukung oleh Forum Wali Nagari (Forwana) Agam yang diketuai Zul Arfin Dt Parpatih.

“Alhamdulillah, Pak Wali sangat responsif dan siap mengajak para wali nagari untuk hadir bersama para kepala jorong sekaligus mengajak masyarakat di nagari dan jorong untuk vaksinasi hari Kamis nanti di GOR Rang Agam,” ujar Dicky.

Untuk lokasinya, kata Dicky, memang awalnya di Pasar Inpres Padangbaru, tapi setelah koordinasi dan komunikasi dengan Polres dan Pemkab, dialihkan ke GOR Rang Agam. “Salah satu pertimbangannya, kemungkinan peserta yang hadir nantinya bakal ramai sehingga dikhawatirkan mengganggu aktivitas pasar dan berpotensi memicu kerumunan,” jelas Dicky.

Sebelumnya, Direktur Padang Ekspres Nazir Fahmi menyebutkan bahwa kegiatan ini salah satu kontribusi media dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan capaian vaksinasi.

“Dengan tingginya capaian vaksinasi, maka herd immunity cepat terbentuk, pandemi terkendali dan pada akhirnya juga mempercepat pemulihan ekonomi. Jika ekonomi pulih, masyarakat dan dunia usaha juga yang merasakan dampak positifnya,” jelas Nazir yang juga putra Lubukbasung ini.

Bupati Agam Andri Warman saat koordinasi pertama dengan Padang Ekspres juga menyambut baik inisiasi dari Padang Ekspres bersama mitranya untuk percepat vaksinasi di Agam. “Saya akan minta Dinas Kesehatan dan BPBD untuk siapkan teknisnya,” ujar Andri Warman, beberapa waktu lalu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal juga menyambut baik kolaborasi semua pihak yang melakukan vaksinasi untuk umum di semua daerah, termasuk inisiasi Padang Ekspres.

Sebelum di Agam, Padang Ekspres telah menggelar di Padang dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Kapolda diwakili Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu Setianto dan Tanahdatar dihadiri Bupati Eka Putra bersama forkopimda lengkap.

Berdasarkan data capaian vaksinasi yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, khusus Agam hingga Senin (15/11/2021), baru sebesar 29,07 persen dan vaksinasi dosis kedua 12 persen. “Semua kepala daerah bersama Polri di Sumbar telah berkomitmen mempercepat capaian vaksinasi ini, bahkan saat vaksinasi massal di GOR Agus Salim Padang, Sumdarsin juga dihadiri Bapak Kapolri dan Panglima TNI,” ujar Jasman Rizal. (rpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here