09/12/2022
Beranda » Kibarkan Bendera Merah Putih Satu Bulan Penuh untuk Peringati HUT RI ke-75

Kibarkan Bendera Merah Putih Satu Bulan Penuh untuk Peringati HUT RI ke-75

Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc Gubernur Sumatra Barat.

Padang, rakyatsumbar.id — Memeriahkan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, masyarakat Sumbar dihimbau agar mengibarkan bendera selama 1  bulan penuh dari 1 – 31 Agustus 2020 di setiap rumah penduduk, perkantoran pemerintah, lembaga swasta dan ormas. Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, disela-sela kegiatan Rapat Paripurna di gedung DPRD Sumbar, Rabu (05/08/2020).

Himbauan tersebut sejalan dengan surat edaran bernomor B-457/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 tentang Partisipasi Menyemarakan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, yang terbitkan Sekretariat Negara Republik Indonesia melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional.

“Pesta rakyat memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 ini agar dilaksanakan secara sederhana, aman dan terkendali. Karena kita masih dimasa pandemi Covid-19, diharapkan disiplin protokol kesehatan dijalankan dengan baik oleh setiap masyarakat,” ujarnya.

Katanya, perayaan HUT kemerdekaan merupakan sebuah momentum memelihara nilai-nilai kebangsaan dan mengenang sejarah perjuangan bangsa agar diketahui generasi ke generasi demi kejayaan Indonesia. Karena HUT Kemerdekaan tahun ini berada pada pandemi, maka pelaksanaan mengacu protokoler kesehatan Covid-19. Masyarakat diminta untuk tetap menyaksikannya secara virtual.

“Namun karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi HUT  Kemerdekaan RI ke-75 akan dilakukan serentak seluruh Indonesia secara virtual dan perkiraan akan dihadiri 20 orang saja. Semoga jaya bangsa ku, maju negeriku,” seru Irwan Prayitno.

Ia juga mengingatkan, saat ini di Sumbar tengah berkembang klaster di lingkungan ASN baik di provinsi maupun kabupaten dan kota. Diharapkan, setiap klaster tersebut menuntaskan pemeriksaan testing PCR (Swab) secara menyeluruh agar tidak berhimbas kepada yang lain.

“Kita belum akan terbebas dari penyebaran Covid-19 jika obat dan vaksinnya belum ditemukan. Karenanya, pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan amat penting dilakukan disetiap kegiatan, agar kita tidak terkontaminasi,” ajaknya. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.