14/08/2022
Beranda » Gusmal-Suherman Deklarasikan Maju Pilgub Sumbar 2020

Gusmal-Suherman Deklarasikan Maju Pilgub Sumbar 2020

Gusmal-Suherman deklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar di Pilkada 2020. Keduanya akan mendaftar ke Koalisi Poros Baru, Jumat (07/08/2020) mendatang.

Solok, Rakyat Sumbar — Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumatera Barat semakin hangat, Gusmal yang saat ini telah dua periode menjabat Bupati Kabupaten Solok, mendeklarasikan diri untuk ikut bertarung dalam kontestasi Pilkada 2020.

Gusmal menyanding sosok Suherman untuk sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Sumbar, mendampingi dirinya. Deklarasi Gusmal – Suherman digelar di  sebuah kafe, Kota Solok, Rabu (05/08/2020) dengan mengusung Visi Sumbar Sejahtera dan Bermartabat.

Sebelumnya, Gusmal dan Suherman telah bertemu dan bersilaturahmi pada hari Selasa (04/08/2020) malam. Keduanya sepakat ikut bertarung di Pilgub Sumbar melalui koalisi poros baru yang dibangun partai PKB, Golkar dan Nasdem.

Menurut Gusmal, selama ini banyak potensi unggulan di Sumbar yang terabaikan. Dengan keinginan yang kuat dan kesamaan pemikiran, Gusmal – Suherman yakin dapat memperkuat sektor pertumbuhan ekonomi Sumbar di seluruh Kabupaten/ Kota hingga 6 persen.

“Target kita jelas, yaitu pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” kata Gusmal.

Ia mengatakan, ilmu yang dimilikinya dapat diterapkan untuk pembangunan dan kemajuan Sumbar. Bersama Suherman, dia yakin dapat mewujudkan hal itu.

“Saya cukup kenal beliau. Seorang anak muda yang energik dan punya visi kuat membangun Sumbar. Beliau juga pengusaha yang sudah lama berkiprah dalam berbagai usaha,” ungkapnya.

Katanya, untuk membangun Sumbar memang dibutuhkan sosok anak muda yang kaya akan ide dan gagasan. Hal itu sudah ada dalam diri Suherman. Apalagi, potensi Sumbar sangat luar biasa.

Lebih lanjut, dirinya bersama Suherman akan mengedepankan sistem pembangunan yang berbasis potensi nagari atau kelurahan jika terpilih nantinya. Sebab, setiap nagari punya potensi tersendiri.

“Insya Allah, kami berdua siap untuk mewakafkan diri dalam membangun Sumatra Barat. Melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya. Tentunya dengan memaksimalkan potensi seluruh kabupaten kota,” terangnya.

Secara ketokohan, Bupati Solok dua periode tersebut tidak kalah dibanding nama-nama lain yang muncul dalam persaingan menuju Pilkada Sumbar. Apalagi, dukungan dari seluruh elemen di Kabupaten Solok menjadi modal besar.

Dengan pengalaman dan kepopulerannya sebagai Bupati Solok dua periode (2005 – 2010) dan (2015 – 2020), perantau Solok Saiyo Sakato serta masyarakat lainnya yakin dan percaya Gusmal mampu berkiprah melanjutkan perjuangan dan pengabdiannya di Rumah Bagonjong Provinsi Sumatra Barat.

Sementara itu, Suherman mengatakan, Gusmal merupakan sosok birokrat ulung yang terjun dalam dunia politik. Tentunya sudah kenyang dengan pengalaman. Dibuktikan dengan sentuhan tangan dinginnya membangun Kabupaten Solok selama dua periode.

“Beliau merupakan salah satu tokoh kharismatik yang sudah sangat berpengalaman dalam pemerintahan, dan pemikiran-pemikiran beliau sangat dibutuhkan Sumatra Barat kedepannya,” terangnya.

Ia bersedia menjadi Cawagub, karena sadar bahwa soal pengalaman dalam pemerintahan, Gusmal sudah makan asam garam. Sedangkan dirinya hanya seorang pengusaha yang baru mencoba berkiprah dalam dunia politik, khususnya pemerintahan.

Ditegaskan Suherman, dirinya bersama Gusmal akan mendaftar secara berpasangan ke Koalisi Poros Baru Pilgub Sumbar pada Jumat (07/08/2020) di Kota Padang.

“Kami mohon do’a dan dukungan masyarakat Sumatra Barat, Insya Allah kami bersama akan mendaftar ke Poros Baru Pilgub Sumbar. Kita optimis, survey nanti kita akan dipercaya oleh partai koalisi,” terangnya.

Diakuinya, memang banyak kandidat lain yang bakal mendaftar ke Poros Baru Sumbar. Baginya, hal tersebut sangat lumrah karena banyak tokoh Sumatra Barat yang juga ingin maju membangun Sumbar. Menurutnya, saat ini peluang semua calon untuk mendapatkan tempat di koalisi tersebut sama besar.

“Ini bagus untuk demokrasi Sumatra Barat. Tentunya nanti yang dipandang layak yang akan diamanahi mandat untuk maju di Pilgub Sumbar,” tutupnya.

Untuk diketahui, sejumlah nama lain sudah mengisi jadwal pendaftaran ke poros baru yang rencananya dibuka Kamis (06/08/2020). Selain Gusmal dan Suherman, nama yang akan berebut di Poros Baru antara lain, Fakhrizal-Genius Umar, Sadiq Pasadigoe, Fauzi Bahar, Faldo Maldini-Febby Dt Bangso dan Doni Oscaria. (wel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.