22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kabut Asap Kepung Kota Padang

Kabut Asap Kepung Kota Padang

Kota Padang diselimuti kabut asap.


Padang, rakyatsumbar.id – Beberapa hari ini, udara di Kota Padang semakin tidak sehat saja. Kabut asap semakin menjadi pemandangan yang dimulai sejak pagi hari.

“Udara di Padang masih dalam kategori sedang,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon, Selasa (5/9/2023).

Dalam dua hari ini, 4-5 September 2023, Kota Padang memang ditutupi kabut asap. Kota terlihat mendung karena sinar matahari terhalang kabut asap.

Berdasarkan pantauan stasiun AQMS Kota Padang, sejak tanggal 30 Agustus hingga 4 September, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) untuk parameter partikulat debu ukuran 2,5 mikron (PM2.5) masih dalam kategori Sedang. Nilai ISPU PM2.5 masih menunjukkan trend peningkatan sampai saat ini.

“Hal ini berarti bahwa penurunan kualitas udara yang terjadi di Kota Padang dalam waktu satu bulan ini masih belum ada perbaikan,” terang Mairizon.

Mairzon melihat, salah satu penyebab dominan penurunan kualitas udara di Padang diduga berasal dari asap kiriman kebakaran hutan dan lahan, dan titik api yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

“Namun, jika melihat trend peningkatan nilai ISPU PM2.5 dalam seminggu ini, kategori biru atau Sedang ini dapat mencapai kategori kuning atau Tidak Sehat dalam waktu 20 hari ke depan,” ucap Kadis LH Padang.

Mairizon mengimbau warga untuk tidak membakar sampah. Hal ini menurutnya akan dapat memperparah kabut asap.

“Kita harapkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tidak bertambah titik apinya dan dapat mengalami pengurangan,” harap Kadis LH Padang.(edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.