22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Jadwal Pelantikan Rektor Unand Dipercepat

Jadwal Pelantikan Rektor Unand Dipercepat

Dr. Efa Yonnedi Dilantik MWA Unand 20 November.


Padang, rakyatsumbar.id – Pelantikan Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, AKt, CA, CRGP sebagai Rektor Universitas Andalas (Unand), periode 2023-2028 akan dilaksanakan pada 20 November 2023. Ini merupakan pertama kali pelantikan Rektor di era Unand berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dan dilakukan sendiri oleh Majelis Wali Amanat (MWA) Unand.

“Karena Unand telah berstatus PTNBH sejak 2021 lalu, pelantikan Dr. Efa Yonnedi sebagai Rektor Unand periode 2023-2028 akan dilaksanakan melalui rapat pleno terbuka MWA Unand,” sebut Wakil Ketua MWA Unand, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA saat dihubungi Rakyat Sumbar, Senin (13/11).

Ia mengatakan, Ketua MWA Unand Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M., yang akan melantik Dr. Efa Yonnedi sebagai Rektor Unand pada Senin (20/11) di Convention Hall, Kampus Limau Manis, Padang.

“Sebelumnya memang kita jadwalnya pelantikan dilaksanakan pada 24 November bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan Prof Yuliandri sebagai Rektor Unand periode 2019-2023. Namun karena menyesuaikan kegiatan Ketua MWA Unand yang juga menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, sehingga jadwalnya dipercepat menjadi tanggal 20 November,” jelasnya.

Ia menyebutkan, terkait dipercepatnya pelantikan tersebut secara peraturan diperbolehkan. Menurutnya, percepatan pelantikan Rektor Unand ini menyesuaikan jadwal Presiden.

“Awalnya, Ketua MWA Unand sudah merencanakan tanggal 24 November pelantikan Rektor Unand periode 2023-2028 dilaksanakan, sebab kunjungannya bersama Presiden ke Papua diagendakan ke Papua pada tanggal 22 November,” jelasnya.

“Karena ada kunjungan Presiden ke Amerika, maka tanggal 23-24 Presiden bersama Ketua MWA kita yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan ke Papua. Jadi jadwal pelantikan Rektor tanggalnya dimajukan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Werry Darta Taifur menyampaikan maka pada tanggal 20 November ini akan dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka MWA Unand dalam acara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor Unand periode 2023-2028.

“Rangkaian kegiatan pelantikan Dr Efa Yonnedi Rektor Unand periode 2023-2028 akan dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB hingga 12.00 WIB. Kita berharap tidak ada halangan atau perubahan mendadak,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Dr Efa Yonnedi SE MPPM Akt CA CRGP terpilih sebagai Rektor Universitas Andalas periode 2023-2028. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand tersebut berhasil mendapatkan suara terbanyak pada Pemilihan tingkat Majelis Wali Amanat (MWA) yang dilaksanakan di Gedung Convention Hall Unand, Kampus Limau Manis, Selasa (31/10).

Pada pemilihan MWA ini dari 25 suara sah, Dr Efa Yonnedi memperoleh 20 suara, sementara Prof Apt Fatma Sri Wahyuni PhD ( Dekan Fakultas Farmasi) memperoleh 3 suara dan Prof Ikhwana Elfitri ST MT PhD (Dekan Fakultas Teknik) peroleh 2 suara.

Ketiganya merupakan peraih suara terbanyak pada tahapan penyaringan bakal calon Rektor di tingkat Senat Akademik Universitas (SAU) Unand yang dilaksanakan, di Convention Hall, Kampus Limau Manis, Rabu (18/10). Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph. D, menjadi peraih suara terbanyak (13 suara), posisi kedua Dr. Efa Yonnedi, Akt (11 suara) dan ketiga Prof. Ikhwana Elfitri, Ph. D (10 suara).

Sekedar diketahui, pemilihan Rektor Unand periode 2023-2028 diikuti sebanyak 12 orang bakal calon. Prof. Dr. Ir. Novizar, M.Si. Ia merupakan Guru Besar Tetap pada Fakultas Teknologi Pertanian. Defriman Djafri, Ph.D, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Prof. Dr. dr. Afriwardi Dekan Fakultas Kedokteran. Prof. Dr rer.soz, Nursyirwan Effendi Direktur Sekolah Pascasarjana Unand. Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc Mantan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian.
Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN Eng Wakil Rektor III Unand. Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si, Mantan Dekan Fakultas Pertanian.

Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D, Dekan Fakultas Teknik. Prof. Apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D Dekan Fakultas Farmasi. Dr. Efa Yonedi, S.E., MPPM, Ak.CA Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unand.
Dr. Charles Simabura, S.H., M.H dari Fakultas Hukum Unand dan Dr. Ir. Uyung Gatot S Dinata dari Fakultas Teknik, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.