27/11/2022
Beranda » Dua Kali Terjadi Gempa di Sumbar

Dua Kali Terjadi Gempa di Sumbar

Episenter gempa berada di pada koordinat 2,73 LS dan 100,91 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28 Km arah Baratdaya Mukomuko, Bengkulu dengan kedalaman 28 Km.

Pembahasan LKPJ Wako Padang Terusik

Padang, rakyatsumbar.co.id–Sebagian masyarakat di Padang merasakan getaran kuat beberapa detik. Sumber getaran diketahui berasal dari mangnitudo 5,5 Skala Richter, Muko Muko Bengkulu. Pukul 11.35, Rabu (10/06/2020). Bahkan, pembahasan LKPJ Wali Kota Padang di Jalan Sawahan, Padang Timur, Padang, Sumbar sempat terganggu.

Legislator dan eksekutif turun tangga dari dalam ruangan berlantai dua itu dan sebagian berada di lapangan parkir kendaraan, “Getarannya terasa dan tadi banyak yang turun tangga,” ujar Nora, seorang staf dewan di DPRD Padang itu.

Sumber gempabumi tersebut berdasarkan BMKG, episenternya berada di pada koordinat 2,73 LS dan 100,91 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28 Km arah Baratdaya Mukomuko, Bengkulu dengan kedalaman 28 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, saat dikonfirmasi, Rabu (10/06/2020).

Ia melanjutkan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Ia mengimbau, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupunĀ  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Salah seorang warga mengaku merasakan getaran cukup kuat di Pancung Soal, Inderapura, Sumbar. Vivi warga setempat mengatakan, berbekal dengan evakuasi mandiri, mereka saat merasaka getaran berlindung di bawah meja dan kursi. “Tadi tembok rumah bergetar dan bergoyang, setelah getaran berhenti kami baru keluar rumah,” ujarnya.

Berselang beberapa menit, gempabumi juga terjadi di Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat. Kekuatan gempa 2,4 SR, sekitar Pukul 12.07 WIB. BMKG menunjukan lokasi episenter berada pada 0.13 LU,100.08 BT, atau tepatnya 9 Km Baratdaya Lubuksikaping, dan berkedalaman 4 Km. (hrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.