25/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Dinas Pertanian Antisipasi Ancaman Dampak El Nino

Dinas Pertanian Antisipasi Ancaman Dampak El Nino

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani.


Padang, rakyatsumbar.id – Dinas Pertanian Kota Padang menyampaikan, fenomena El Nino belum berdampak di Kota Padang. Hal tersebut dapat ditandai dengan intensitas curah hujan yang masih sering terjadi di Kota Padang.

“Untuk Kota Padang sendiri, hingga hari ini belum ada dampaknya. Kondisi itu bisa kita lihat dari intensitas hujan yang masih sering terjadi di Kota Padang,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani.

Yoice menyampaikan, sejauh perkembangan yang didapati, adapun wilayah yang terdampak El Nino terjadi di Jawa dan wilayah timur Indonesia.

“Tentunya kondisi ini tidak kita inginkan. Namun jika terjadi El Nino di Kota Padang, bagi petani dapat mengantisipasi dengan cara pengamatan hama dan penyakit tanaman,” tuturnya.

Yoice menyebut, jika terjadi kemarau yang menyebabkan kekeringan, hama atau penyakit tanaman sangat rentan dan cepat berkembang.

“Selanjutnya, pengelolaan irigasi. Dalam pengelolaan irigasi ini diharapkan masyarakat atau petani dapat lebih selektif lagi. Seperti menata air yang masuk ke sawah pemiliknya,” jelasnya.

Yoice menyebutkan, jika pada musim hujan, air dapat dipakai lebih banyak. Namun, jika terjadi musim kemarau, tentunya perlu manajemen yang baik dalam pengelolaan air. Khususnya P3A, lebih diatur agar semuanya mendapat bagian.

“Apabila kelompok tani memiliki pompa air sawah dan dekat sumber air, dapat dibantu menyalurkan air melalui itu. Sebab beberapa kelompok tani sudah difasilitasi dengan pompa air,” terangnya.

Tak lupa Yoice menambahkan, di saat kondisi El Nino, pemilihan pupuk yang tepat juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

“Kami tentunya menganjurkan, jika terjadi El Nino agar petani untuk lebih banyak menggunakan pupuk organik. Pupuk organik ini dapat menyebabkan tanah lebih lembab dibandingkan an-organik,” tuturnya.

Adapun penjelasannya, kata Yoice, pemilihan pupuk organik dirasa lebih efektif dan bagus terhadap tanaman di saat konidisi El Nino. Sementara pupuk an-organik dapat menyebabkan tanah menjadi kering.

“Apalagi pupuk yang terdapat bahan kimia. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan tanah lebih keras,” tutupnya.

Yoice berharap El Nino tidak terjadi di Padang. JIka El Nino melanda, petani diimbau untuk mengikuti anjuran tersebut.(ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.