18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Diduga ada Kuota “Siluman” pada PPDB SMA/SMK di Sumbar

Diduga ada Kuota “Siluman” pada PPDB SMA/SMK di Sumbar

Adrian Tuswandi.


Padang, rakyatsumbar.id – Salah seorang warga Kota Padang Adrian Tuswandi melaporkan dugaan adanya kuota siluman pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri 2023 ke Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar).

“Saya ke Ombudsman Sumbar untuk melaporkan dugaan adanya kuota siluman saat penerimaan PPDB saat ini,” paparnya. Jumat (7/7)

Adrian Tuswandi menjelaskan, kuota siluman yang dimaksud adalah kuota yang di publish tidak sesuai dengan faktanya.

“Awal dugaan ini diketahui, berawal dari adanya tes psikologi untuk siswa baru yang saat ini tengah berlangsung,” jelasnya.

Ia melanjutkan, siswa yang mengikuti tes psikologi tersebut, terdapat 360 orang siswa baru, sementara yang terdaftar pada sistim hanya 341 orang.

“Diduga terdapat sekitar 20 kuota siluman,” tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Asisten Bidang Penerimaan dan Verifikasi Pelaporan Ombudsman Sumbar Cahyono menjelaskan, akan menyelidiki terkait temuan kuota siluman pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA tahun 2023.

Cahyono mengaku laporan masyarakat terkait dugaan kuota siluman PPDB SMA, didasarkan pada formasi daya tampung pada website PPDB SMA.

“Kita akan melakukan pemeriksaan sesuai dengan disposisi Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar,” tutupnya.

Menanggapi itu, Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbat), Mahyan membantah adanya kuota siluman saat PPDB 2023 ini.

“Tidak benar jika ada kuota siluman. Penerimaan sudah jelas di website” tutupnya. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.