rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » BPOM Sosialisasikan Rekrutrem 781 Formasi CASN di Unand

BPOM Sosialisasikan Rekrutrem 781 Formasi CASN di Unand

BPOM Sosialisasikan Rekrutrem 781 Formasi CASN di Unand.


Padang, rakyatsumbar.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI membuka 781 formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2024 untuk ditempatkan di 85 unit kerja yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk juga di Sumbar.

“Sudah dua tahun BPOM tidak membuka formasi CASN. Baru tahun ini Badan POM membuka formasi CASN sebanyak 781 formasi dengan 28 jabatan,” sebut Kepala Biro Sumber Daya Manusia BPOM RI Dr Irwansyah S IP MSi saat Basuo jo Bacarito Sosialisasi Rekrutmen CASN Badan POM di Convention Hall Unand, Senin (20/5.

Ia mengatakan, dengan pembukaan formasi ini, BPOM menggelar edukasi terkait bidang atau unit kerja di Badan POM dengan menyasar berbagai perguruan tinggi. Dengan harapan agar mendapatkan lulusan yang linier dengan posisi yang dibutuhkan dan siap untuk bekerja.

“Formasi yang tersedia untuk penerimaan tahun ini tersebar di berbagai unit BPOM. Bisa di Pusat atau di UPT,” jelasnya.

Ia menyampaikan beberapa di antara formasi dibuka adalah pengawas farmasi, analis pengembangan keuangan, analis sumber daya manusia, auditor, pengelola barang dan jasa, perencana, peralatan komputer, statistisi, dan berbagai formasi lainnya.
“Kami banyak mencari lulusan apoteker, farmasi, teknik pangan, kimia, dan biologi.

Selain itu, posisi di bidang keuangan, perencanaan dan juga yang bidang penjualan obat secara online,” ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini, dalam BPOM terdapat 70 persen milenial dan gen Z. “Secara keseluruhan berdasar strata pendidikan pegawai Badan POM yakni S-1 sebanyak 2.300 pegawai dan profesi 1.497 pegawai dengan jumlahnya didominasi oleh pegawai perempuan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan dari data kepegawaian itu, sebut Irwansyah, sekitar 223 alumni Universitas Andalas memperkuat jajaran Badan POM yang tersebar di 85 unit kerja.

“Berharap melalui sosialisasi ini akan ada talenta-talenta digital baru dari Unand yang bergabung dengan BPOM,” tuturnya.

Sementara Wakil Rektor I Unand Prof Dr Syukri Arief MEng berharap dari 781 formasi CASN BPOM tahun ini, mudah-mudahan banyak dari alumni Unand yang lolos seleksi.

“Dari informasi Biro SDM Badan POM, Unand menempati rangking ke-5 berkontribusi dan terlibat dalam Badan POM,”terangnya.

Ia berharap lulusan Unand bersiap mengisi pos-pos yang dibutuhkan BPOM. Apalagi saat ini Universitas Andalas telah menerapkan kurikulum merdeka.
“Tahun ini sangat banyak mahasiswa Unand yang ikut MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di berbagai industri, termasuk Badan POM sendiri,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan selama ini hubungan Unand dan BPOM telah terjalin dan terbangun diharapkan bisa berjalan lebih baik lagi.

“Kami berharap selalu terbangun koordinasi yang baik antara Unand dengan Badan POM. Sehingga kita sebagai sumber penghasil sumber daya manusia mudah-mudahan bisa mendapatkan tempat-tempat yang terbaik juga dalam pekerjaan nanti,” jelasnya pada kegiatan yang diikuti 500-an peserta tersebut. Tidak hanya dari Unand, namun juga dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Kota Padang. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.