25/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Bencana Banjir dan Longsor , PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Kelistrikan Sumbar

Bencana Banjir dan Longsor , PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Kelistrikan Sumbar

Bencana banjir dan longsor , PLN gerak cepat atasi gangguan kelistrikan Sumbar.


Bukittinggi, rakyatsumbar.id – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Agam , Tanah datar pada Sabtu (11/05) lalu telah mengakibatkan terjadinya banjir bandang atau galodo pada beberapa titik lokasi di Bukittinggi, Koto Tuo, Tanah Datar , Padang Panjang dan sekitarnya.

Akibat cuaca ekstrim dan bajir bandang tersebut, sebanyak 103 gardu mengalami kerusakan yang mengakibatkan lebih kurang 8462 pelanggan mengalami padam listrik. Namun demikian PLN bergerak cepat mengupayakan pemulihan sistem kelistrikan untuk daerah terdampak. Update pukul 17. 00 WIB tadi, sebanyak 95% atau sekitar 9500 pelanggan telah kembali teraliri listrik. Demikian juga untuk gardu listrik milik PLN, sekitar 32 dari 42 gardu yang terdampak atau sekitar 90 % sudah pulih.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi Rudi Hamiri mengatakan seluruh petugas PLN sigap berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan turun ke lapangan guna melakukan pengamanan dan penormalan terhadap sistem kelistrikan. Proses penormalan dilakukan bertahap hingga listrik kembali normal 100%.

“Saat ini kami terus mengupayakan proses recovery kelistrikan hingga normal 100%. Untuk alasan keselamatan nyawa masyarakat, kami sampaikan juga permohonan maaf karena listrik di beberapa lokasi yang tergenang banjir tidak dapat langsung dinyalakan sehingga penormalan dilakukan secara bertahap” tutur Rudi.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho memastikan proses recovery listrik berjalan cepat sejalan juga dengan keamanan listrik saat banjir agar tidak membahayakan nyawa ataupun aset masyarakat.

“Sebanyak 100 personil gabungan dari PLN, Haleyora Power dan mitra kerja PLN dikerahkan untuk mengecek instalasi listrik sekaligus melakukan perbaikan di lokasi terdampak. Tidak hanya itu, PLN juga terus bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat setempat sehingga proses penormalan berjalan lancar dan aman,” ujar Eric.

Gubernur Sumatera Barat , Mahyeldi mengapresiasi kerja cepat PLN dalam memperbaiki jaringan listrik daerah yang terkena bencana. Apalagi dalam keadaan darurat banjir yang melanda sejumlah titik yang menjadi jalan lintas antar daerah.

“Saya sangat merasakan respon cepat PLN dalam menanggapi bencana yang menimpa kami sejak kemarin. Saat ini banyak lokasi yang sudah normal listriknya. Saya mewakili masyarakat sangat berterimakasih kepada pihak PLN atas kerja yang tak kenal lelah dan tak kenal waktu demi melistriki masyarakat” ujarnya. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.