19/08/2022
Beranda » Bangkitkan Motivasi Demi Prestasi, KONI Sumbar akan Selenggarakan Pembekalan Atlet PON

Bangkitkan Motivasi Demi Prestasi, KONI Sumbar akan Selenggarakan Pembekalan Atlet PON

Padang, Rakyat Sumbar — Pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumbar akan menyelenggarakan pembekalan atlet. Kegiatan ini untuk memotivasi atlet yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

“Pembekalan ini akan kita laksanakan pada September 2020. Ada dua lokasi yang akan pilih salah satunya, antara Padangpanjang dan di Kabupaten Solok,” kata Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful, kepada Rakyat Sumbar, beberapa waktu lalu.

Ia menyampaikan, pada pembekalan tersebut atlet akan diberikan motivasi supaya bisa berprestasi pada PON 2021 di Papua. Oleh sebab itu, motivator akan didatangkan sebagai nara sumber.

“Pembekalan ini ada motivatornya,  baik mantan atlet yang berprestasi nasional dan internasional. Bisa saja kita mendatangkan Icuk Sugiarto, Susi Susanti atau Tantowi Ahmad,” ujar Syaiful.

Masih kata Syaiful, karena kegiatan tersebut dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19, maka pelaksanaan menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Para atlet juga diberikan edukasi latihan dimasa pandemi ini.

“Ada 152 atlet, kegiatan bisa saja  dibagi dua gelombang, kita lihat perkembangannya lebih lanjut. Kita juga menerapkan protokol kesehatan, kemudian mengedukasi kepada atlet yang latihan karena situasi ini,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, pada pembekalan atlet nanti juga direncanakan menghadirkan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI). Lembaga ini dihadirkan supaya atlet mengetahui dampak buruk jika mereka melakukan doping.

“Kita yakin seluruh atlet PON Sumbar sudah tahu bahwa doping itu akan merugikan diri mereka sendiri. Pembekalan ini nantinya juga membahas masalah gizi atlet,” pungkas Syaiful.

Sementara itu, Ketua Tim Teknis PON KONI Sumbar, Fazril Ale, menambahkan, KONI Sumbar telah melaksanakan program coaching clinic (pembekalan pelatih). Prorgram selanjutnya adalah pembekalan untuk para atlet.

“Semua atlet PON Sumbar harus mengikuti pembekalan atlet yang direncanakan pada 17 hingga 19 September 2020,” ucap Fazril Ale, usai latihan bersama di Gor. H. Agus Salim, Sabtu, (12/9) siang.

Ia menyatakan, pembekalan atlet ini untuk memotivasi atlet supaya lebih semangat sehingga prestasi bisa diraih pada PON 2021 di Papua. Oleh sebab itu, motivator ulung didatangkan untuk memberikan semangat.

“Ini kesempatan, akan diberikan materi yang betul-betul bagaimana seorang atlet akan menjadi juara. Motivatornya mantan atlet yang telah berhasil ditingkat dunia maupun di Asia, sehingga menambah kepercayaan diri para atlet dan semangat berlatih menuju prestasi,” tutur Fazril Ale.

Terpisah, Audy Pahala, Pelatih Cabor Bolabasket 3 X 3 Putri Sumbar, mengatakan, pembekalan atlet yang akan dilaksanakan oleh KONI Sumbar sangat bermanfaat untuk atlet. Namun, materinya sebaiknya dikoordinasikan dengan pelatih, karena kebutuhan masing-masing cabang olahraga (Cabor) berbeda.

“Materi yang disampaikan kepada atlet juga disampaikan kepada pelatih supaya sinkron. Kebutuhan Cabor ini tidak sama, sehingga persoalan yang dihadapi oleh tiap-tiap atlet juga berbeda pula,” ujar BJ, sapaannya, Sabtu (12/9) siang.  (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.