22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Ayo Ikuti BPKH Hajj Run and Fun Walk!

Ayo Ikuti BPKH Hajj Run and Fun Walk!

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) akan menyelenggarakan BPKH Hajj Run and Fun Walk berhadiah umroh, Sabtu (28/8/2023) yang akan dimulai di Taman Wisata Tanjung Mutiara, Jorong Mutiara, Batu Taba, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat pada pukul 06.00 WIB.


Padang, rakyatsumbar.id – Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander saat jumpa pers dengan sejumlah awak media via zoom meeting mengatakan, BPKH Hajj Run dan Fun Walk ini merupakan kegiatan yang sangat positif terutama untuk membentuk jiwa dan raga yang sehat dengan menempuh jarak 3,5 km dan finish di Prasasti Ombilin.

“Kegiatan lari dan jalan santai ini akan diikuti oleh para pelajar dan pelaksana lembaga pendidikan di sekitar Padang Panjang, Tanah Datar, Solok, Bukittinggi dan Padang,” jelasnya. Rabu (25/10)

Panitia Pelaksana BPKH Hajj Run and Fun Walk, Rizky Ardiansyah menjelaskan, ada dua kriteria peserta. Pertama, bagi peserta yang memiliki porsi haji bisa mendaftar secara gratis. Cukup mencantumkan nomor registrasi haji dan KTP. Peserta tersebut akan memperoleh racepack.

Kedua, bagi peserta yang tidak memiliki porsi haji, jika memiliki kode undangan, dia bisa mendaftar secara gratis dan akan memperoleh racekit. Namun, bagi yang tidak memiliki kode undangan akan
dikenakan biaya pendaftaran dan tetap memperoleh racekit.

Ada enam titik pengambilan racepack. Untuk wilayah Jakarta, racepack bisa diambil di Muamalat Tower lantai 14 (Up Divisi Penghimpunan).

Untuk wilayah Padang, racepack bisa diambil di Bank Sinarmas Syariah, Jalan Bagindo Aziz Chan No. 13 atau CIMB Niaga Syariah di Jalan M. Yamin No. 148. Sedangkan Wilayah Bukit Tinggi, di Bank Muamalat Indonesia, Jalan Ahmad Yani No. 99D, Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang.

Kemudian wilayah Padang Panjang di Bank Nagari Jalan Soekarno-Hatta No. 5 serta wilayah Batu Sangkat di BSI, Jalan Soekarno-Hatta No. 13 Pasar Batusangkar.

“Bagi masyarakat yang ikut BPKH Hajj Run and Fun Walk berkesempatan memperoleh doorprize yang oke punya. Mulai dari Paket Umroh, HP, Sport Brand, Smart Watch hingga sepeda gunung dan logam mulia,” ujarnya.

Bagi pemegang porsi haji yang mendapatkan hadiah umroh, bisa saja hadiahnya dialihkan menjadi biaya pelunasan pemberangkatan haji atau lainnya. Artinya, bisa dibicarakan dengan panitia.

Di sisi lain, peserta juga bisa menikmati wisata kuliner yang akan disajikan oleh para pelaku UMKM, yang siap memanjakan perut dan lidah. Ada juga pertunjukan musik gambus yang memikat.

Hal ini merupakan wujud dari komitmen BPKH untuk ikut memajukan perekonomian lokal dan budaya Indonesia. Pemilihan lokasi di Singkarak, selain alamnya yang indah dan kulinernya yang enak serta ikan endemik nya yang terkenal, daerah ini juga berdekatan dengan Padang Panjang sebagai Serambi Mekah nya Sumatra Barat.

“Kapasitas lokasi bisa menampung hingga 1.800 orang. Jadi kami siap menerima sebanyak-banyaknya peserta,” ujar Rizky.

Tak hanya sekedar berolahraga, kegiatan lari dan jalan santai ini sekaligus sebagai upaya BPKH untuk memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya untuk memulai menabung haji sejak dini.

Lanjut Harry, saat ini ada usulan agar pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun mendatang akan lebih fokus pada Istithaah Kesehatan jamaah haji mendahului pelunasan.

Artinya, sebelum pelunasan biaya haji, calon jamaah haji harus lolos kriteria istithaah kesehatan. Hal ini sangat penting dan krusial bagi jamaah haji, terutama jamaah haji Indonesia yang sebagian besar telah berusia lanjut.

“Kita tahu, ibadah haji adalah ibadah yang sangat mengandalkan kekuatan fisik. Karena itu, jamaah yang berangkat haji harus dipastikan bisa mengikuti semua rangkaian ibadah haji. Belum lagi aktivitas sehari-hari jamaah di tanah suci yang kebanyakan dilakukan dengan berjalan kaki,” tuturnya.

Kegiatan Hajj Run and Fun Walk ini merupakan langkah awal yang baik dan komitmen BPKH untuk mensosialisasikan terkait Istithaah Kesehatan jamaah haji ini. Sekaligus upaya memperkenalkan Haji Muda, mendorong kalangan milenial agar segera menunaikan ibadah haji di usia muda. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.