18/06/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Agam Nyatakan Siap Awasi Kampanye 

Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Agam Nyatakan Siap Awasi Kampanye 

Apel Siaga pengawasan Pemilu tahun 2024, Bawaslu Agam nyatakan siap awasi kampanye.


Agam, rakytsumbar.id – Dalam rangka memastikan kesiapan jajaran Pengawas Pemilu dalam pengawasan pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2024.

Bawaslu Kabupaten Agam gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024. Apel Siaga Pengawasan.Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa pagi, (05/12) bertempat di Lapangan Kantor Camat Matur, Kabupaten Agam.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memastikan kesiapan jajaran Pengawas Pemilu dalam pengawasan pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2024.

Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 diikuti oleh seluruh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan serta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Agam, Kordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Agam, serta staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Agam.

Pembina Apel yang disampaikan oleh Suhendra, menyatakan kesiapan Bawaslu Agam dalam mengawasi Tahapan Pemilu Tahun 2024.
Pembina Apel yang disampaikan oleh Suhendra, menyatakan kesiapan Bawaslu Agam dalam mengawasi Tahapan Pemilu Tahun 2024.

Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 juga mengundang unsur Forkopimda Kabupaten Agam. Yuhendra dan Beni Andwila, Anggota Bawaslu Agam juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Pelaksana Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 yaitu Suhendra, Ketua Bawaslu Agam selaku Pembina Apel dan Mizlin Hardi, Kasubbag Pengawasan selaku Pemimpin Apel. Apel Siaga merupakan bentuk kesiapan Pengawas Pemilu se-Kabupaten Agam dalam melakukan pengawasan Pemilu khususnya pada tahapan penting Pemilu yang telah dimulai, yaitu tahapan Kampanye.

Bawaslu Agam secara simbolik bersama stakeholder di Kabupaten Agam siap bersinergi menyukseskan Pemilu 2024.
Bawaslu Agam secara simbolik bersama stakeholder di Kabupaten Agam siap bersinergi menyukseskan Pemilu 2024.

Dalam amanat Pembina Apel yang disampaikan oleh Suhendra, menyatakan kesiapan Bawaslu Agam dalam mengawasi Tahapan Pemilu Tahun 2024.

“Seluruh jajaran pengawas di Bawaslu Agam, mulai dari jajaran PKD, Panwascam hingga jajaran Bawaslu Kabupaten Agam sudah siap melaksanakan pengawasan Pemilu 2024 khususnya tahapan kampanye yang telah berlangsung pada 28 November 2023.”

Suhendra menyampaikan agar keberadaan Bawaslu dalam kegiatan kampanye tidak perlu dikhawatirkan oleh peserta Pemilu.

“Pengawas Pemilu itu ada bukan untuk mencari-cari pelanggaran ataupun kesalahan, namun menjalankan fungsi pencegahan dengan memastikan tidak ada pelanggaran pada saat pelaksanaan kampanye,” ujarnya.

Pembina Apel yang disampaikan oleh Suhendra, menyatakan kesiapan Bawaslu Agam dalam mengawasi Tahapan Pemilu Tahun 2024.
 Apel Siaga pengawasan Pemilu tahun 2024.

Badan Pengawas Pemilu adalah lembaga yang diberi mandat oleh UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum untuk mengawasi Pemilu di Indonesia. Seluruh jajaran Pengawas Pemilu mulai dari tingkat desa, kecamatan, serta Kabupaten/Kota telah melaksanakan fungsi pengawasan sebagaimana yang diatur oleh Undang-Undang.

Melalui kegiatan ini, disampaikan bahwa Bawaslu Agam secara simbolik bersama stakeholder di Kabupaten Agam siap bersinergi menyukseskan Pemilu 2024 yang berlandaskan kepada azas dan prinsip Pemilu yang berintegritas.

Sejalan dengan hal ini, Budi Perwira Negara, Kepala Badan Kesbangpol atas nama Bupati Agam menyampaikan kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam untuk bersama menyukseskan Pemilu 2024 dengan dukungan penuh dari Pemda Agam. “Mari kita tingkatkan koordinasi di semua level.”

Lebih lanjut, ia menyampaikan kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu yang mengikuti Apel Siaga pagi ini untuk mewujudkan atmosfir masyarakat yang positif dengan mengedepankan dialog serta menjunjung tinggi amanat dan cita-cita luhur negara Republik Indonesia dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 diakhiri dengan pelepasan balon secara simbolik oleh Ketua Bawaslu Agam beserta tamu undangan yang hadir. (rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.