18/06/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Anies Kagumi Sosok Proklamator Bung Hatta

Anies Kagumi Sosok Proklamator Bung Hatta

Bakal Calon Presiden Republik Indonesia Anies Baswedan disambut antusias warga Kota Bukittinggi dan sekitarnya, saat mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Kamis (2/11).


Bukittinggi, rakytasumbar.id – Anies mengaku takjub ketika datang ke rumah Proklamator Bung Hatta yang berada di Bukittinggi.

“Luar biasa, saya tidak mengira datang ke Rumah Kelahiran Sang Proklamator Bung Hatta. Saya juga terharu atas sambutan masyarakat yang sangat luar biasa,”ujar Anies kepada Rakyat Sumbar, Kamis.

Anies Baswedan mengatakan ia terkesan saat melihat Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta. Menurutnya, Bung Hatta adalah seorang pribadi yang telah mencetuskan prinsip-prinsip yang menjai pondasi penyusunan konstitusi Negara Republik Indonesia. Bung Hatta sudah mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Saya sangat mengagumi sosok ketokohan Bung Hatta. Beliau juga menggagas dan berikhtiar untuk kesetaraan, keadilan, kemakmuran serta peningkatan sumber daya ekonomi masyarakat. Foto-foto Bung Hatta di Museum RKBH ini sesuai dengan Biografi beliau yang saya baca dulu. Banyak memori yang terdapat di museum ini. Saya berpesan jaga tempat bersejarah ini dan teruslah menjadi inspirasi bagi semua generasi,”ungkap Anies yang juga Mantan Mendikbud RI tersebut.

Tak lupa, Anies menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga Bukittinggi secara khusus dan Sumbar pada umumnya.

“Terima kasih buat masyarakat Bukittinggi dan masyarakat Sumatera Barat yang sudah menyambut dengan luar biasa. Insya Allah, kita akan ikhtiar untuk perubahan, ikhtiar menghadirkan keadilan dan kemakmuran bisa kita tunaikan bersama-sama,” sambung Anies yang diusung NasDem, PKS, PKB dan Partai Ummat tersebut.

Anies Baswedan tiba di Rumah Kelahiran Bung Hatta Jalan Soekarno-Hatta Bukittinggi sekitar pukul 08.30 WIB bersama sejumlah tokoh-tokoh partai politik seperti Fadly Amran, Fauzi Bahar dan sebagainya.

Padatnya massa membuat Anies memilih jalan kaki ketimbang naik mobil mulai dari kawasan Pasar Banto hingga Rumah Kelahiran Bung Hatta. Ada sekitar 30 menit Anies berada dalam rumah itu sambil sesekali menyapa pendukungnya dari arah jendela lantai 2.

Saat akan meninggalkan rumah itu, Anies yang sudah naik mobil kembali ke luar nobil dan kembali pilih jalan kaki.Hal itu ia lakukan demi pendukungnya yang ingin bersalaman dan minta foto bersama.

Sementara itu, Ketua DPD Partai NasDem Kota Bukittinggi Asril, SE menyampaikan kehadiran Anies Baswedan di Kota Bukittinggi sangat menambah motivasi dan semangat caleg Nasdem Bukittinggi untuk memenangkan pasangan Anies-Cak Imin di Pilpres 2024 dan Pemilu Legislatif 2024.

“Kita optimis dapat memenangkan Pileg 2024 di Kota Bukittinggi. Target kita di DPRD Bukittinggi 3 kursi dan maksimal 5 kursi. Hadirnya Bapak Anies Baswedan di Bukittinggi menjadi motivasi lebih bagi para caleg Partai NasDem Bukittinggi. Kita sudah 2 kali mencoba mendatangkan beliau ke Bukittinggi. Akhirnya, Pak Anies hadir juga di Kota Jam Gadang. Antusias masyarakat luar biasa dan merupakan suntikan baru bagi NasDem Kota Bukittinggi,”terang Asril.
Sedangkan, Ketua PKS Bukittinggi Ibnu Asis mengungkapkan perasaan syukur dan bahagianya.

“Alhamdulillah, seluruh kegiatan Pak Anies di Bukittinggi berlangsung khidmat, meriah, lancar, dan aman. Kita sangat berterimakasih kepada partai koalisi, kader, simpatisan, relawan, semua stakeholder serta segenap warga kota yang telah berpartisipasi mensukseskan kedua agenda beliau itu,”katanya.

Ibnu menambahkan bahwa ada beberapa hal menarik sekaligus pelajaran berharga yang dapat diambil dari kegiatan strategis Anies Baswedan di Kota Bukittinggi yang sarat memori sejarah dari masa ke masa ini.
Anies Rasyid Baswedan (ARB) adalah figur yang sangat memahami teks dan konteks Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, termasuk bangsa Palestina tentunya.

Sedangkan disisi lain, segala bentuk penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, tanpa terkecuali terhadap perbuatan “genosida biadab” yang saat ini masih terus dilakukan oleh bangsa Israel terhadap penduduk Palestina.
ARB adalah sosok yang sangat memahami dan peduli dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk sangat mengenal para tokoh yang berpengaruh, terlibat dan berkontribusi dalam merebut dan mempertahankan hak-hak dan kedaulatan bangsa sepenuhnya, seperti sosok Bung Hatta.

ARB adalah tokoh panutan yang sangat menyadari bahwa semboyan Bhinneka Tunggal Ika bukanlah sebatas slogan kosong tanpa makna. Namun, semboyan tersebut merupakan salah satu pilar perekat dan pemersatu bagi bangsa yang penduduknya meyebar pada ribuan pulau, bermacam suku, bahasa daerah, adat dan budaya yang sangat beragam namun tetap memiliki satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa
Pada akhir wawancara, politisi senior PKS itu menyampaikan pandangan dan pendapat pribadinya yang sangat berkesan terhadap sosok ARB.

Menurutnya, ketokohan dan karakter ARB memiliki kemiripan dengan sosok Bung Hatta sebagai salah seorang founding father Republik Indonesia tercinta. Setidaknya mereka mirip pada sisi kecerdasan dan cendekiawan, kejujuran, bersahaja serta kebijaksanaan dan kekharismatikan.

‘Kita yakin atas izin Allah SWT dan dukungan semua rakyat Indonesia, Insya Allah Pak Anies berpotensi kuat untuk memenangkan Pilpres tahun 2024 bersama wakilnya Cak Imin atau Muhaimin Iskandar,”pungkas Ibnu.
Dalam kunjunganya ke Kota Bukittinggi, Bacapres Anies Baswedan mengikuti kegiatan “Do’a Untuk Palestina” yang diselenggarakan di Pelataran Taman Jam Gadang, Rabu (1/11) malam dan mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta.(rn/edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.