05/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Putra Pesisir Selatan Dilantik Mendagri jadi Pj Gubernur Sumbar

Putra Pesisir Selatan Dilantik Mendagri jadi Pj Gubernur Sumbar

Pj. Gubernur Sumbar Hamdani bersama tiga kepala daerah lain, usai dilantik Mendagri Tito Karnavian

Padang, rakyatsumbar.id—Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdani, dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Barat, Kamis (18/02/2021). Pria kelahiran Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, 23 Februari 1962 lalu itu dipercaya memimpin Sumbar jelang dilantiknya kepala daerah defenitif pemenang Pilgub Sumbar 2020.
Hamdani menjabat staf ahli di Kemendagri mulai dari 2014 hingga saat ini, sebelumnya ia menjabat Direktur Anggaran Daerah Kemendagri tahun 2010-2014. Hamdani juga pernah menjadi Staf Ahli Gubernur Sumbar bidang Ekonomi dan Keuangan tahun 2008-2010.
Sekretaris Daerah Sumbar Alwis mengatakan Hamdani bukan orang asing di Pemprov Sumbar. Hamdani merupakan ASN yang bertugas di masa Gubernur Gamawan Fauzi. Selain itu, istrinya juga seorang dokter yang bertugas di Dinkes Pemprov Sumbar.

Hamadani menandatangani Berita Acara Pelantikan Pj Gubernur Sumbar

“Kita bersyukur yang diberikan kepercayaan jadi Pj Gubernur adalah orang kita sendiri, pejabat kita, beliau pernah di sini,” katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (18/02/2021).
Ia menyebutkan, sebelum bergabung ke Pemprov Sumbar, Hamdani merupakan pejabat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbar. Ketika itu Pemprov Sumbar berhasil meraih peringkat Wajar Tanpa Pengecualian pasca gempa 2009.
“Saat Pak Gamawan Fauzi. diangkat menjadi Mendagri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau juga membawa Hamdani sebagai staf ahlinya di Kemendagri sampai hari ini,” jelasnya.
Alwis yang sebelumnya menjabat Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumbar pasca berakhirnya jabatan Gubernur Irwan Prayitno dan Nasrul Abit pada 12 Februari lalu menjelaskan, Hamdani telah dilantik sebagai Pj Gubernur Sumbar di tadi pagi di Kemendagri.
“Pelantikannya bersamaan dengan pelantikan Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Pj Gubernur Jambi dan Pj Gubernur Bengkulu. Kita telah menyaksikan pelantikannya secara virtual,” jelasnya.
Pj Gubernur Sumbar Hamdani akan datang sore ini ke Padang dan bertemu dengan kepala OPD Pemprov Sumbar untuk membahas sejumlah hal, diantaranya terkait penanganan covid-19 di Sumbar. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.