24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » 33 Peserta Ikuti UTBK Program Bangsa di PNP

33 Peserta Ikuti UTBK Program Bangsa di PNP

Sebanyak 33 peserta mengikuti UTBK program Bangsa di PNP.


Padang, rakyatsumbar.id —Sebanyak 33 orang peserta telah ikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang (PNP) tahun akademik 2024/2025 Program Beasiswa Anak Nagari Semen Padang (Bangsa), Sabtu (16/3) lalu. Hasilnya akan dimumkan pada 28 Maret mendatang.

UTBK itu diikuti para peserta yang berasal dari ring 1 perusahaan PT Semen Padang yang tersebar di 12 Kelurahan yang ada di 3 Kecamatan di Kota Padang, yaitu Lubuk Kilangan, Pauh dan Lubuk Begalung.

Wakil Direktur IV Bidang Kerja Sama PNP, Ir. Ihsan Lumasa Rimra, SST.,M.Sc DECN mengatakan, UTBK Program Bangsa kerja sama PNP dengan PT Semen Padang itu dilakukan untuk Program Studi D-III Teknik Mesin.

Mekanisme UTBK ini mengikuti aturan dari Kemendikbudristek, sehingga pada UTBK sekarang ini berbeda dengan UTBK penerimaan mahasiswa baru sebelumnya. Dimana, tesnya meliputi Matematika, Bahasa Inggirs, Bahasa Indonesia dan Tes Potensi Skolatik (TPS).

“TPS ini adalah aturan baru dari Kemendibudristek. Tujuannya, untuk mengevaluasi kemampuan kognitif yang mencakup penalaran umum dan pemahaman,” sebutnya usai pemantauan UTBK tersebut.

Ia mengatakan, peserta UTBK program Bangsa ini akan diberikan sebuah kasus. Kemudian dari kasus tersebut, peserta diminta untuk menyelesaikan permasalahannya.

“Untuk server dari soal TPS ini, tim PNP sendiri yang membuatnya,” ujar Ihsan.

Selain UTBK, sebut Ihsan, syarat lainya bagi program Bangsa ini adalah seleksi berkas, seperti usia maksimal 19 tahun, nilai rata-rata rapor semester 1-5 minimal 85, terdaftar sebagai penerima KIP, dan mendapat rekomendasi dari Keraparatan Adat Nagari (KAN) di Ring 1 PT Semen Padang.

“Dari hasil UTBK dan seleksi berkas yang dilakukan, kemudian kami sampaikan ke pihak Semen Padang hasilnya untuk dimumkan pada 28 Maret mendatang. Namun yang pasti, pihak Semen Padang menginginkan calon mahasiswa PNP Program Bangsa ini yang betul-betul qualified,” tuturnya.

Sementara itu, Ka. Sie Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Unit CSR PT Semen Padang, Nurwan, yang hadir pada UTBK Program Bangsa itu menyampaikan bahwa program ini diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu yang ada lingkungan PT Semen Padang.

“Meskipun pesertanya 33 orang, kami berharap UTBK ini menghasilkan lulusan terbaik yang sesuai dengan persyaratan lulus yang diminta oleh PNP. Karena memang UTBK untuk Program Bangsa ini sepenuhnya kewenangan dari PNP, kami sendiri hanya menerima hasilnya,” kata Nurwan.

Program Bangsa ini, tambah Nurwan, merupakan program tahun 2024, dimana PT Semen Padang akan memilih putra/putri terbaik untuk di sekolahkan di PNP. Dan, selama kuliah di perguruan tinggi vokasi itu, mereka akan mendapat fasilitas pembiayaan uang semester hingga tamat sekolah dan uang saku bulanan.

“Selain fasilitas pembiayaan dan uang saku, keunggulan lain dari program ini adalah mahasiswa yang ikut program ini juga akan merasakan langsung program-program praktik kerja di lapangan atau di lingkungan PT Semen Padang,” pungkas Nurwan.(mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.