09/12/2022
Beranda » 3 Pasien Covid-19 di SPH Dinyatakan Sembuh

3 Pasien Covid-19 di SPH Dinyatakan Sembuh

Fadlam Maulana (tengah) salah seorang pasien Covid-19 yang pulang setelah dinyatakan sembuh setelah dirawat di Semen Padang Hospital.

Padang, Rakyat Sumbar– Berita gembira dari Semen Padang Hospital (SPH), sebanyak 3 orang pasien Covid-19 yang dirawat di SPH dinyatakan sembuh dan pada saat ini ketiga pasien tersebut telah diperbolehkan pulang. Hal ini di sampaikan langsung oleh direktur SPH Kol CKM Purn dr Farhaan Abd SP.THT saat di konfirmasi Harian Rakyat Sumbar, Kamis (28/05/2020).

“Alhamdullilah pada hari ini tiga orang pasien Covid-19 yang dirawat di SPH telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.  Selama pademi ini, sebanyak 11 orang pasien Covid-19 sembuh dari perawatan di SPH dari  53 pasien Covid-19 yang dirawat di SPH,” ucapnya.

Lebih lanjut, dr Farhaan Abd SP.THT menjelaskan, dalam perawatan pasien Covid-19, SPH melakukan tindakan irigasi nasofaring dengan menggunakan cairan bethadine NACL 0,9 persen, dan dilakukan cuci hidung sebanyak 3 x sehari dengan menggunakan cairan Hipersaline.

“Sebelum melakukan tindakan medis ini, kami melakukan terapi sesuai SOP protokol Covid-19. Selanjutnya, tindakan ini kita hentikan dua hari menjelang dilakukan swab yang ke dua supaya tidak menimbulkan false negatif,” tambahnya.

Pada saat ini SPH telah menyiapkan 78 tempat tidur yang dipersiapkan untuk pasien kovid yang berobat di SPH. Selain itu, SPH juga menyiapkan sebuah kamar operasi yang diperuntukan untuk pasien Covid-19, dan sebuah kamar untuk ruang recovery operasi Covid-19.

“Kami telah menyiapkan 78 tempat tidur yang dilengkapi tekanan exhaust fan  bertekanan negative, hepafilter 13, dan ditambah tabung yang berisi clorine. Semua kamar tersebut berada di wing timur dan wing barat lantai 4. Selain itu, kita menyiapkan kamar yang berada di wing timur lantai 5 dan 8 ventilator yang dibutuhkan bagi pasien Covid-19 ini,” Farhaan menambahkan.

Selanjutnya Farhaan menambahkan bahwa SPH melayani swab secara gratis kepada pasien hasil tracking dari dinas kesehatan kota dan puskemas yang berada di sekitar SPH.

“Kami talah melayani 1700 tes swab kepada pasien, 150 orang diantaranya telah dinyatakan positif. Sebagai bentuk usaha kami memerangi Covid-19 di Kota Padang, kami menggratiskan pemeriksaan swab kepada pasien yang dikirim dari dinas kesehatan kota Padang dan puskesmas yang berada di sekitar SPH seperti puskesmas Luki, puskesmas Andalas, dan puskesmas pengambiran,” ujarnya.

Direktur SPH Kol CKM Purn dr Farhaan Abd SP.THT menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi aturan dari protokol Covid-19. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai perkembangan Covid-19 yang ada di Kota Padang.

“Saya menyarankan kepada masyarakat untuk selalu memakai masker, dan melakukan fisical distancing. Jangan keluar rumah kalo tidak ada keperluan, jangan beraktivitas diluar rumah dalam keadaan demam dan flu. Dan yang paling penting, sebaiknya mandi setelah melakukan aktivitas di luar rumah,” tutupnya.

Semen Padang Hospital merupakan rumah sakit internasional pertama di Sumatra Barat yang merupakan milik dari PT Semen Padang dan mulai beroperasi sejak 5 Juli 2013. Rumah sakit ini dibangun bertujuan mengurangi animo warga Indonesia berobat ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan Singapura. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.