29/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Penjualan Kondom Meningkat Jelang Tahun Baru

Penjualan Kondom Meningkat Jelang Tahun Baru

Bobby Rustam

Padang, Rakyatsumbar.id- Hampir tiap pergantian tahun terjadi. Selain petasan dan terompet, kondom merupakan produk yang penjualannya meningkat tajam selama pergantian tahun.

Salah seorang karyawan toko obat di kawasan tempat penjualan obat di Kota Padang yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, kondom merupakan kebutuhan yang banyak dicari jelang malam pergantian tahun.

“Ada macam merk kondom yang dijual. Biasanya peningkatan penjualan kondom jelang H- 1 pergantian tahun baru,” ucapnya.

Ia menjelaskan, yang biasa membeli kondom pada malam pergantian tahun baru adalah di atas usia 18 tahun.

“Anak-anak muda yang biasa membeli kondom dalam melewati malam pergantian tahun. Kalau usia di atas 35 tahun tidak begitu banyak,” tambahnya.

Harus Ada Kontrol Sosial

Anggota DPRD Kota Padang Boby Rustam menyayangkan kondom menjadi salah satu produk yang terlaris, selain terompet saat malam pergantian tahun baru.

Dia mengatakan, disaat pandemi ini harus dilakukan kontrol sosial yang ketat oleh berbagai pihak. Sehingga tidak mencipatkan peluang kerumunan dalam bentuk pesta di tengah warga.

Boby Rustam mengatakan, Pemko Padang harus membuat regulasi yang ketat agar meminmalisis terjadinya perilaku maksiat yang terus tumbuh di tengah warga.

“Pada saat ini, kita lihat sendiri, Kota Padang tengah menjadi sorotan karena sering terjadi kejahatan seksual yang menimpa anak.”

“Apalagi jelang pergantian tahun, tentu perilaku maksiat akan menjamur jika tidak di cegah dari sekarang. Saya meminta kepada Pemko Padang untuk menutup tempat hiburan yang mengagendakan kegiatan hiburan pergantian tahun baru. Apalagi varian Omicron bisa mengancam siapa saja,” tegasnya.

Pengaruh Budaya Westernisasi 

Sosiolog dari Universitas Negeri Padang bidang kajian perilaku menyimpang Erianjoni menyatakan, menikmati seks bebas saat pergantian tahun baru merupakan hasil saduran dari budaya westernisasi dalam masyarakat kita.

“Setiap pergantian tahun, penjualan kondom meroket tajam. Tentu banyak aspek yang mendukung aktivitas seks ini,” ucapnya.

Erianjoni memandang perilaku seks bebas di malam pergantian tahun baru di dorong oleh gemerlabnya hiburan malam saat pergantian tahun baru.

“Fenomena penjualan kondom laris di malam pergantian tahun ini sudah berlangsung setiap pergaintan tahun. Wisata malam dan kemasan promo hotel yang tidak memeriksa indentitas tamu, merupakan potensi dalam melakukan seks bebas saat pergantian tahun,” tutupnya. (endang)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.