02/12/2022
Beranda » Warga Positif Corona di Sumbar Menjadi 6 Orang

Warga Positif Corona di Sumbar Menjadi 6 Orang

Satu Orang Tenaga Medis Positif Corona

Padang, Rakyat Sumbar—Warga Sumbar  yang positif virus Corona di Sumbar bertambah. Satu orang tenaga medis  yang saat ini tengah mendapatkan perawatan di ruang isolasi RSUP M Djamil Padang dinyatakan positif Corona, Jumat (26/3) siang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, hingga siang ini sudah 6 orang  yang sudah positif Corona di Sumbar. Ini merupakan hasil uji laboratorium Kedokteran Unand dari  9 sampel  tenaga kesehatan yang dilakukan pengujian sampelnya.

“Setelah kemarin 5 yang positif, sekarang bertambah 1 lagi. Ini pasien yang di M Djamil. Kemungkinan akan bertambah, sebab masih banyak yang dilakukan pemeriksaannya di laborarium kedokteran Unand. Saat ini ada satu yang dilakukan pengujian lagi untuk memastikannya negatif atau positif terdampak virus Corona,” sebutnya di Aula Kantor Gubernur Sumbar didampingi Wagub Sumbar Nasrul Abit.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya telah mendapatkan izin dari Ketua Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Donny Monardo dan Balitbang Kemenkes RI untuk menyampaikan informasi data Corona berdasarkan hasil uji dari laboratorium Kedokteran Unand.

“Sejak kemarin  uji sampel  telah dilakukan di laboratorium kedokteran Unand. Jadi tak perlu melakukan pengiriman uji spesimen pemeriksaan swab ke pusat. Nanti pusat akan menyesuaikan dengan data  yang kita,” jelasnya.

Ia menyampaikan, saat ini total Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar sebanyak 1024 orang, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 23 orang, untuk pemeriksaan yang telah dilakukan 31 orang dinyatakan negatif, dan 6 orang dinyatakan positif.

“Saat ini 13 orang masih menunggu hasil uji spesimen pemeriksaan swab di laboratorium kedokteran Unand,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada Kamis (26/3) sore telah datang 2.000 alat pelindung diri (APD) untuk Sumbar telah sampai, malamnya APD tersebut langsung dibagikan ke rumah sakit di kabupaten/kota untuk kebutuhan tenaga medis di rumah sakit tersebut.

“Sebanyak 1.800 yang punya kita berkemungkinan hari ini juga datang, da nada 4000 APD bantuan dari Wardah  yang dalam perjalanan. Ini masih kurang, permintaan APD ini masih terus dilakukan,” terangnya.

Lebih lanjut, Irwan Prayitno menyampaikan 200 thermo gun juga akan datang, jumlahnya diperkirakan mencukupi untuk tambahan pelaratan dalam pemeriksaan suhu di kabupaten/kota.

“Diharapkan pemeriksaan untuk jalur darat diperbatasan terus ditingkatkan. Untuk masuk di BIM  pemeriksaan juga dimaksimalkan, dan pengurangan frekuensi penerbangan telah dilakukan,” bebernya.

Sementara  itu terpisah, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP Dr M Djamil Padang Gustavianof  menyebutkan saat ini terdapat 9 orang PDP yang dilakukan penanganan di M. Djamil, dimana 2 diantaranya  telah dinyatakan positif Corona.

“Untuk kondisi pasien yang dinyatakan positif  Corona di M Djamil bukan  tenaga medis  yang menangani pasien Corona di rumah sakit kitaa, tapi dari salah satu fasilitas kesehatan. Kondisinya kesehatannya sudah sedikit membaik,” pungkasnya. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.