22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Usung Peningkatan Kualitas Pelayanan, Sekdakab Medison Pra Soft Launching Mal Pelayanan Publik

Usung Peningkatan Kualitas Pelayanan, Sekdakab Medison Pra Soft Launching Mal Pelayanan Publik

Solok,rakyatsumbar.id-Dalam rangka mempermudah masyarakat dalam menjangkau akses layanan, Pemerintah Kabupaten Solok lakukan Pra Soft Launching guna menandai mulainya beroperasi aktivitas pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Solok, Selasa (23/1).

“Kegiatan ini kita lakukan dalam rangka mempercepat terlaksananya kesiapan-kesiapan untuk pelaksanaan Soft Launching Mal Pelayanan Publik nantinya yang direncanakan pada bulan Maret nanti,”kata Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison.

Medison menyebut, MPP dari segi aturan merupakan suatu kebijakan negara dalam mempermudah pemberian pelayanan terhadap masyarakat yang terpusat pada satu tempat.

“Ini merupakan langkah kecil yang akan memberikan dampak besar dalam mengembangkan pelayanan publik Kabupaten Solok di masa depan,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kabupaten Solok merupakan Kabupaten pertama di-Sumatera Barat yang melaksanakan Pra Soft Launching Mal Pelayanan Publik, dimana saat ini MPP hanya dimiliki oleh beberapa Kota di-Sumatera Barat.

Kemudian, tahap berikutnya, di MPP tersebjt akan ada kerjasama dengan instansi-instansi yang memerlukan pelayanan baik dari Instansi vertikal maupun Instansi Pemerintah Daerah lainnya.

“Terkait pelayanan publik kita tidak hanya sampai disini, untuk itu kepada kita semua mari timbulkan inovasi inovasi demi kemajuan pelayanan kita kedepannya,” tambahnya.

Ia juga menginformasikan bahwa dengan adanya MPP ini bukan berarti pelayanan yang di Arosuka akan terhenti, namun segala bentuk pelayanan di Arosuka tetap berjalan seperti biasa, hanya saja pusat pelayanannya dialihkan ke MPP di Koto baru.

Sementara itu, kepala DPMPTSP Naker Kabupaten Solok, Aliber Mulyadi menjelaskan, saat ini jenis pelayanan yang dapat dilakukan di Mal Pelayanan Publik baru sebatas urusan perizinan, namun kedepannya akan ada lagi jenis pelayanan lainnya yang dapat kita lakukan di Mal Pelayanan Publik ini.

“Dengan adanya Mal Pelayanan Publik ini dapat lebih mempertahankan bahkan akan meningkatkan pelayanan publik Kabupaten Solok kedepannya yang mana saat ini kita telah menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” tambahnya.

Untuk layanan yang sedang dipersiapkan untuk Soft Launching yg diperkirakan pada bulan Maret nanti antara lain, Layanan Kanwil Kemenkumham berupa: layanan keimigrasian (pengurusan paspor) dan layanan hukum dan ham (konsultasi dan pengaduan), BPJS Kesehatan, layanan berupa administrasi kepesertaan, dan penanganan informasi dan keluhan.

Lalu, BPJS Ketenagakerjaan berupa administrasi kepesertaan dan pengaduan, kemudian SAMSAT seperti Pembayaran pajak tahunan, Samsat yang sudah ada di Nagari Koto Baru akan dipindahkan ke MPP. Lalu, Bank Nagari berupa Layanan Payment Point (Pembayaran), Kantor Pertanahan, dan Layanan Pemerintah Daerah yang terdiri dari Layanan Dukcapil, Badan Keuangan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR. (Well)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.