27/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » UNP Dirikan Pusat Riset Pengelola Limbah Organik

UNP Dirikan Pusat Riset Pengelola Limbah Organik

Suasana soft launching CRROWM dilakukan melalui focus group discussion (FGD).

Padang, Rakyatsumbar.id– Berkontribusi nyata terhadap lingkungan, Universitas Negeri Padang (UNP) mendirikan Pusat Riset Pengelola Limbah Organik ( CRROWM; Centre of Research on Recycling Organic Waste Management).

Pusat Riset Pengelolan Limbah Organik ini diketuai oleh dosen Biologi FMIPA UNP Prof. Dr. Azwir Anhar, M.Si yang memiliki visi misi mengkaji secara komprehensif dan sustainable pemanfaatan limbah organik menjadi sesuatu yang bernilai jual.

Hal ini bertujuan untuk mengubah prespektif dan perilaku masyarakat dalam mengelola limbah organik secara mandiri.

“Pendirian pusat riset ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung peranan UNP sebagai salah satu anggota UI Green Metric,  yang memiliki visi menunjukkan peranan dan partisipasi dalam mewujudkan kampus hijau berkelanjutan,” ujarnya, Rabu (29/12/2021)

Azwir Anhar menjelaskan, Soft launching CRROWM dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) pada Selasa 28 Desember 2021 kemarin.

Fokus pada Optimalisasi Pengolahan Sampah Organik

Sekretaris CRROWM Siska Alicia Farma, S.Pd., M.Biomed menambahkan CRROWM akan fokus pada optimalisasi pengolahan sampah organik melalui aktivitas penelitian, pendidikan, pelatihan dan, pengabdian.

“Hilirisasi dari kegiatan yang dilakukan oleh CRROWM diharapkan dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomis dan bernilai jual yang akan mendukung posisi UNP sebagai universitas dengan status PTN BH,” tambahnya.

“Kondisi ini mengharukan adanya sinergi dari semua pihak untuk mengurai permasalahan yang ada,” tambahnya.  (endang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.