09/02/2023
Beranda » UKW Jadi Program Andalan, Tingkatkan Mutu dan Kualitas Wartawan

UKW Jadi Program Andalan, Tingkatkan Mutu dan Kualitas Wartawan

Study best practise grup Diskominfo bersama insan pers Kota Bukittinggi ke Diskominfo Kota Medan.

Bukittinggi, rakyatsumbar.id – Sejumlah pengalaman berharga dan materi didapatkan insan pers Kota Bukittinggi saat mengikuti kegiatan Study Best Practice Grup bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bukittinggi ke Diskominfo Kota Medan Provinsi Sumatra Utara, Kamis (1/12/2022).

Mereka menerima informasi tentang pola kerjasama yang diterapkan Diskominfo Kota Medan bersama media. Para jurnalis Kota Bukittinggi sangat antusias dan semangat mendengarkan pemaparan dari Diskominfo Medan

Usai menempuh perjalanan jauh dari Kota Jam Gadang Bukittinggi dan beristirahat satu hari, akhirnya rombongan Diskominfo bersama insan pers Bukittinggi sampai di kantor Diskominfo Kota Medan.

Rombongan yang dipimpin Kepala Diskominfo Bukittinggi Erwin Umar disambut Kepala Diskominfo Kota Medan Arrahman Pane beserta jajaran serta Ketua PWI Sumatera Utara Ferianda Putra Sinik di Aula Diskominfo Medan, Kamis (1/12/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Kota Medan Arrahman Pane mengatakan Kota Medan terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan dengan 2,4 juta penduduk. Ia mengucapkan selamat datang kepada rombongan Diskominfo dan insan pers Bukittinggi.

Terkait kemitraan dengan media, Arrahman menjelaskan Diskominfo Medan saat ini bekerjasama dengan 200 media baik media cetak, online, media televisi dan elektronik.

Para wartawan mengumpulkan kliping berita dan liputan kerjasama di medianya, minimal 15 berita satu bulan.
“Kita juga bekerjasama dengan media nasional. Selain itu, kita mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk rekan-rekan wartawan.”

“Kita ingin meningkatkan mutu atau kualitas wartawan, demi hasil pemberitaan lebih bagus. Tahun ini, Diskominfo menggelar UKW untuk 40 wartawan. Sebanyak 14 belum kompeten dan 4 tidak hadir. Saat ini masih terdapat 25 wartawan yang belum UKW,”ungkap Arrahman.

Sementara itu, Ketua PWI Sumatera Utara Ferianda Putra Sinik mengungkapkan PWI Sumut memiliki banyak kegiatan seperti UKW yang menjadi program nomor satu.

Hampir seluruh pemerintah daerah di Sumut mengadakan UKW. Alhasil, PWI Sumut meraih juara 2 pelaksanaan UKW terbanyak di Indonesia tahun 2022 ini.

Ferianda mengungkapkan menjadi pengurus PWI juga merupakan suatu kebanggaan. PWI Sumut baru pertama kali dipimpin orang Sumatra Barat, dan berasal dari Pariaman.

“Provinsi Sumatra Utara akan menggelar peringatan Hari Pers Nasional.Untuk itu, kami mengundang rekan-rekan wartawan Kota Bukittinggi menghadiri kegiatan tersebut.Semoga kita bisa bertemu kembali,”kata Ferianda.

Kepala Diskominfo Kota Bukittinggi Erwin Umar mengatakan banyak hal yang bisa diambil dari Provinsi Sumatra Utara khususnya Diskominfo Kota Medan diantaranya sinkronisasi pemberitaan dan kerjasama media.

“Apa yang sudah baik di Kota Medan, kita akan coba adaptasikan di Kota Bukittinggi,”tukas Erwin.

Ketua PWI Bukittinggi H. Anasrul mengatakan wartawan Bukittinggi yang mengikuti kegiatan lengkap, mulai dari media cetak, elektronik dan online.

“Hubungan wartawan Bukittinggi dengan Dinas Kominfo sangat sinergis. Tahun 2021 dan 2022, PWI Bukittinggi juga telah melaksanakan UKW.

Sebanyak 25 wartawan Bukittinggi telah UKW berkat kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Bukittinggi,’terang Anasrul.

Ia berharap hubungan silaturrahmi dan kerjasama tetap terjalin baik.

PWI Bukittinggi mengucapkan terima kasih atas materi dan ilmu yang disampaikan Diskominfo Kota Medan dan PWI Sumatra Utara terkait kerjasama media.

“Semoga ilmu dan pengalaman ini bisa diterapkan di Kota Bukittinggi,”pungkasnya.

Usai kunjungan dan silaturrahmi ke Diskominfo Kota Medan, rombongan Diskominfo dan insan pers Kota Bukittinggi berkeliling Kota Medan sambil menikmati tempat wisata Kota Medan dan sebagainya. (edw/rn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.