12/08/2022
Beranda » Tujuh Kapolres Mutasi, AKBP Imran Amir Jabat Kapolresta Padang

Tujuh Kapolres Mutasi, AKBP Imran Amir Jabat Kapolresta Padang

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, ketika memimpin serahterima jabatan Dirpolairud, di Mapolda Sumbar pada Juni 2020. (DOKUMEN)

Padang, Rakyat Sumbar — Tujuh jabatan Kapolres di Polda Sumbar diganti. Salah satunya adalah jabatan Kapolresta Padang. Selain itu juga ada pergantian satu pejabat utama (PJU) dengan jabatan direktur. Sertijab akan dilaksanakan beberapa hari ke depan.

Mutasi ini setelah terbitnya surat telegram Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, yang ditandatangani oleh Asisten SDM Polri, Irjenpol Sutrisno Yudi Hermawan, tertanggal 3 Agustus 2020.

PJU yang mutasi adalah, Dirresnarkoba Kombespol Ma’mun pindah dengan jabatan baru sebagai Kasubdit V Dittipideksus Bareskrim Polri, digantikan oleh Kombespol Wahyu Sri Bintaro, sebelumnya menjabat Kabagkhirdin Rowatpers SSDM Polri. Mutasi ini dengan nomor, ST/ 2247 /VIII /KEP /2020.

Sementara itu, pada surat telegram nomor; ST/ 2248 /VIII /KEP /2020, Kapolresta Padang Kombespol Yulmar Try Himawan, diangkat dalam jabatan baru sebagai Analis Utama TK II Baintelkam Polri, dan digantikan oleh AKBP Imran Amir, Kabagdalops Roops Polda Sumbar.

Mutasi selanjutnya berdasarkan surat relegram; ST/ 2250 /VIII /KEP /2020, Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso pindah ke Korlantas Polri dengan jabatan Kasiinvidrek Subditjemenopsprek Ditkamsel.

Jabatan yang ditinggalkannya diisi oleh AKBP Dody Prawiranegara, sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mentawai, sedangkan jabatan Kapolres Mentawai dipegang oleh AKBP Mu’at, dari Kasiopsnal Subditintelair Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval kembali ke Polda Sumbar sebagai Kabagbinkar Rosdm, digantikan oleh AKBP Sri Wibowo, Kapolres Limapuluh Kota. Pengganti Sri Wibowo adalah AKBP Trisno Eko Santoso, Kasubdit Binsatpam/Polsus Ditbinmas Polda Kalbar.

Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, dimutasi ke Polda Sumbar dengan jabatan Kabagwassidik Ditreskrimum, posisinya digantikan oleh AKBP Dedi Nur Andriansyah dari Kasubdit IV Ditintelkam Polda Sumbar.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, pindah tugas dan menjabat Kasubagrenmin Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, digantikan oleh AKBP Alex Prawira, Koorspripim Polda Sumbar.

“Betul, ada TR (Telegram) dari Mabes Polri mutasi para Kapolres, termasuk juga jabatan Kapolresta Padang dan satu Dirresnarkoba,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombespol Satake Bayu, menjawab Rakyat Sumbar, Selasa (4/8) pagi.

Ia melanjutkan, setelah TR keluar, selanjutnya akan dilaksanakan serahterima jabatan (Sertijab). Namun, pelaksanaan Sertijab belum diagendakan.

“Belum diketahui kapan Sertijab, karena masih menunggu petunjuk dari Pak Kapolda. Biasanya dalam 14 hari kerja ke depan. Informasi lebih lanjut akan disampaikan,” ujar Satake.

Satake menyampaikan, mutasi jabatan merupakan hal yang penting pada institusi Polri yang diamanahkan oleh pimpinan Polri. Hal ini sekaligus merupakan proses regenerasi.

“Nanti AKBP Imran Amir yang akan menjabat Kapolresta Padang akan naik pangkat Kombes, dan berkemungkinan pada Januari 2021 tahun depan,” tutup Satake Bayu. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.