05/12/2022
Beranda » Poros Baru Cari Kandidat

Poros Baru Cari Kandidat

Deklarasi poros baru oleh 3 partai. Masing-masing dari kiri ke kanan, Ketua DPW PKB Febby Dt. Bangso, Sekretaris DPW Nasdem Musmaizer Dt. Gamuak, Sekretaris DPD Golkar Desra Ediwan Anantanur dan Wakil Ketua DPD Golkar Sumbar Afrizal, Senin (03/08/2020).

Padang, Rakyat Sumbar — Berikan peluang bagi putra-putri terbaik Sumbar dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar di Pilkada 2020, tiga partai deklarasikan poros baru di sebuah kafe di Kota Padang, Senin (03/08/2020) siang.

Ketiga partai tersebut, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diwakili Ketua DPW Febby Dt. Bangso, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang diwakili Sekretaris DPW Musmaizer Dt. Gamuak dan Partai Golongan Karya (Golkar) yang diwakili Sekretaris DPD Desra Ediwan Anantanur. Hadir juga Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumbar Afrizal yang bertindak sebagai moderator.

“Koalisi poros baru ini sepakat dibentuk dengan tujuan mewujudkan keinginan masyarakat untuk mendukung paslonnya maju di Pilkada 2020,” kata Afrizal.

Bergabungnya tiga partai ini membentuk koalisi poros baru, total kursi yang diperoleh sebanyak 14 kursi di DPRD. Masing-masingnya, PKB dan Nasdem 3 kursi, serta Golkar 8 kursi. Dengan demikian, koalisi poros baru dapat mengusung pasangan calon untuk bertarung di Pilgub Sumbar 2020.

Seperti diketahui, masih banyak kandidat yang ingin berlaga di Pilkada Sumbar namun belum memiliki kepastian untuk maju. Diantaranya, Fakhrizal, Genius Umar, Fauzi Bahar, Faldo Maldini, dan Febby Dt. Bangso. Poros baru ini membuka kesempatan bagi mereka untuk bergabung.

“Pendaftaran sendiri ditargetkan Kamis (06/08/2020) mendatang di sebuah hotel Kota Padang yang direncanakan sebagai sekretariat poros baru. Kemungkinan 3 atau 4 hari saja pendaftaran dibuka,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKB, Febby Dt. Bangso mengatakan, poros baru ini dibentuk untuk mempermudah dalam memetakan kekuatan dan menentukan paslon yang akan maju berkompetisi.

“Poros baru memungkinkan masyarakat untuk lebih semangat datang ke TPS dan memberikan suara. Semuanya dipersilahkan bergabung,” katanya.

Febby Dt. Bangso menambahkan, setiap kandidat yang mendaftar akan mulai dari nol kilometer. Selanjutnya kandidat akan disurvey elektabilitasnya oleh lembaga independen.

“Saya dan Faldo Maldini juga akan mendaftar ulang. Bahkan Fahrizal-Genius juga sudah mendaftar. Kemungkinan ada 3 atau 4 paslon yang akan bergabung,” ujar Febby Dt. Bangso.

Selain 3 partai tersebut, PDI-P sebetulnya juga ikut dalam pertemuan rencana pembentukan poros baru di sebuah hotel, Sabtu (01/08/2020) lalu. Pada pertemuan tersebut, PDI-P diwakili oleh Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman. Namun, PDI-P belum menentukan sikap.

“Tidak menutup kemungkinan PDI-P akan bergabung. Bahkan bersama PPP,” tandasnya.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Musmaizer Dt. Gamuak mengatakan, kandidat yang mendaftar nantinya akan menandatangani fakta integritas. Isinya, menyatakan kandidat yang tidak terpilih nantinya tetap akan mendukung paslon yang diusung koalisi baru.

“Dengan semangat satu untuk semua, semua untuk satu, kandidat yang tidak terpilih, tetap akan tergabung dengan koalisi untuk mendukung paslon yang disepakati oleh koalisi nantinya,” ujar Musmaizer. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.