24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen, KPU Sumbar Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024

Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen, KPU Sumbar Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024

Komisioner KPU Sumbar Jons Manedi.


Padang, rakyatsumbar.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bisa mencapai 80 persen.

Target yang ditetapkan ini melampaui target nasional yang ditetapkan KPU RI yaitu 77,5 persen.

Komisioner KPU Sumbar, Jons Manedi mengatakan, jumlah partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 bisa mencapai 80 persen, sehingga kegiatan sosialisasi dilakukan secara gencar dengan menyasar berbagai kalangan.

Kami berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 bisa meningkat dibandingkan Pemilu 2019. Kami targetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 80 persen lebih, ujar Kordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hubungan, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia itu, Selasa (7/11).

Jons berharap semua pihak dari berbagai kalangan ikut menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut agar partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya ke tempat pemungutan suara (TPS) bisa meningkat pada Pemilu 2024.
Target itu, katanya, didasari tingginya kesadaran masyarakat Sumbar terhadap pemanfaatan hak suara di setiap pelaksanaan pemilu.

Pada Pemilu 2024 mendatang partisipasi pemilih di Sumbar diharapkan juga melebihi target nasional dan partisipasi pemilih di tahun 2019 kemarin.
Dikatakannya, merujuk kepada pemilu sebelumnya partisipasi di Sumbar 75,3 persen di Pemilu 2019, dan 63,6 persen pada Pilkada 2020 kemarin.

Dengan target KPU RI 77,5 persen untuk Pemilu 2024, Sumbar bisa mencapainya, namun memang dibutuhkan kerja sama pihak untuk meningkatkan partisipasi pemilih.  Tidak hanya KPU dan Bawaslu atau penyelenggara pemilu saja yang berperan.

Kita juga berharap partai politik peserta pemilu ikut berperan dalam meningkatkan partisipasi termasuk ormas-ormas dan kelompok-kelompok. Makanya selama ini banyak kita lakukan dengan kelompok dan kampus untuk kegiatan sosialisasi. Kita targetkan dan mudah-mudahan tercapai 80 persen ini, katanya lagi.

Lebih jauh Jons Manedi mengatakan, berdasarkan data dari KPU Sumbar, jumlah pemilih pemula atau generasi Z di Sumbar sendiri cukup banyak, sekitar 1.089.251 pemilih atau 27 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sumbar yang jumlahnya 4.088.606 pemilih.

Namun setelah kami lakukan kegiatan KPU Goes to School baru-baru ini, potensi jumlah pemilih pemula itu bisa saja bertambah jumlahnya, tentunya perhatian terhadap pemilih pemula harus serius. Salah satunya melalui pendidikan sosialisasi pemilih pemula di sekolah-sekolah, katanya.

Jons Manedi menilai, kegiatan itu merupakan salah satu upaya dari KPU untuk mengedukasi sekaligus menyisir para pemilih pemula di tingkat SMA/sederajat yang belum mendapat hak pilihnya. Kemudian juga memberi tahu para siswa itu siapa saja yang jadi peserta Pemilu 2024 ini.

Kegiatan ini sudah kami lalukan sejak September kemarin, dan sasarannya sejumlah SMA/sederajat di Kota Padang, sedangkan untuk di kabupaten dan kota dilakukan oleh masing-masing KPU di daerah bersangkutan, ucapnya.

Ia berharap dengan memberikan pengetahuan menciptakan kesadaran dari pemilih pemula. Ketika kesadaran tercipta, sehingga ada keinginan dan kepedulian terbangun dari pemilih pemula untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Kita harap, siswa bisa sebagai agen penyambung informasi pemilu terhadap keluarga dan lingkungannya. Tidak lagi pada tingkat jumlah partisipasi, tetapi kualitas partisipasinya, sehingga tercipta pemilu yang berkualitas dan badunsanak, ucapnya.

Agar partisipasi pemilih tercapai sesuai target, pihaknya meminta masyarakat proaktif mengecek namanya terdata dalam daftar pemilih dengan mengunjungi laman https://cekdptonline.kpu.go.id/. Cukup memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) nanti di kolom pencarian akan diketahui namanya terdaftar atau tidak, ujarnya.

Untuk diketahui, KPU Sumbar telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 4.088.606 orang. Dari jumlah itu, pemilih laki-laki 2.027.360 orang dan pemilih perempuan 2.061.246 orang. Sebanyak empat juta pemilih di Sumbar yang akan menyalurkan hak suaranya pada pesta demokrasi lima tahunan itu, tersebar di 179 kecamatan dan sebanyak 1.265 kelurahan, nagari atau desa dan total 17.569 TPS. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.