22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Tanggulangi Anemia melalui Pendidikan Gizi Seimbang

Tanggulangi Anemia melalui Pendidikan Gizi Seimbang

Tanggulangi Anemia melalui pendidikan Gizi Seimbang.


Padang, rakyatsumbar.id – Asisten I Setdako Padang, Edi Hasymi, mengatakan, anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kalangan, seperti balita, remaja, ibu hamil hingga usia lanjut.

“Menanggulangi hal tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui pendidikan gizi seimbang, fortifikasi pangan dan suplementasi Tablet Tambah Darah (TTB),” jelas Edi Hasymi, saat Gerakan Aksi Bergizi di Gelanggang Balaikota, Aie Pacah, Kamis (21/9).

Ia menyampaikan, walaupun pemberian TTD pada remaja putri sudah dilakukan, tetapi prevalensi anemia masih cukup tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya ialah kurangnya kepatuhan remaja putri dalam mengonsumsi TTD.

“Oleh karena itu, kegiatan aksi bergizi menjadi salah satu upaya strategis dalam peningkatan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah (TTD) pada remaja putri, juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan stunting,” ungkapnya.

Menurut Edi Hasymi, remaja putri untuk membiasakan diri sendiri mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin minum tablet TTD.

“Saya punya pesan untuk anak-anakku, kalian merupakan salah satu generasi penerus. Karena itu harus cerdas dan sehat. Mari kita bersama-sama memberikan perhatian karena generasi muda yang akan menjadi  pemimpin masa depan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Padang, Sri Kurnia Yati, menyebutkan, kegiatan aksi bergizi dimulai dengan kegiatan fisik (senam pagi bersama), sarapan bersama hingga meminum TTD.

“Adapun tujuannya ialah, membiasakan remaja putri untuk meminum tablet tambah darah satu kali dalam seminggu. Mencegah anemia pada remaja putri. Pemenuhan gizi seimbang dengan makan protein hewani setiap hari. Serta sosialisasikan Germas bagi remaja,” ucap Sri Kurnia Yati. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.