22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Serda Asrizal, Babinsa Koramil 01 Padangpanjang yang Aktif  Bina Masyarakat. “Menanam Terong, Menebar Kebaikan”

Serda Asrizal, Babinsa Koramil 01 Padangpanjang yang Aktif  Bina Masyarakat. “Menanam Terong, Menebar Kebaikan”

Melihat tentara berkebun, mungkin hal yang tidak lazim di masyarakat. Tetapi, tidak membuat semangat Serda Asrizal, Babinsa Koramil 01 Padangpanjang Kodim 0307 Tanahdatar, patah arang. Malahan, membuat dia semakin bersemangat untuk merawat tanaman Terong yang ditanamnya sejak 17 Juli lalu.

Jon Kenedi—Padangpanjang

“Umurnya baru sekitar 65 hari, belum pernah dipanen. Mungkin dalam dua minggu kedepan baru panen,” sebut Serda Asrizal mengawali cerita saat ditemui rakyatsumbar.id di lahan produktif Koramil 01 Padangpanjang di Kelurahan Kampung Kampung Manggis, Kecamatan Padangpanjang Barat, Selasa (19/09/2023).

Saat itu, Serda Asrizal terlihat bersemangat membersihkan rumput dan tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitar kebun Terong yang telah mulai berbuah itu. Jika tidak aral melintang, dalam waktu satu bulan kedepan, sayuran berwarna ungu itu sudah bisa dipanen.

“Setelah dibersihkan, baru dipupuk kembali. Cukup dengan pupuk kandang, agar buahnya lebih bagus,” sebut pria kelahiran Padang tanggal 1 Agustus 1984 silam.

Dalam menanam dan memilihara Terong, lanjut Asrizal, setelah lahan yang akan ditanami dibersihkan, bibit tanaman yang telah disiapkan bisa lansung ditanami di lokasi yang telah disiapkan. Tanaman Terong baru mulai berbuah saat berumur 40 hari setelah ditanam dan bisa berumur hingga beberapa tahun.

“Karena Padangpanjang bercuaca dingin, cukup cocok ditanami aneka sayuran dan buah-buahan. Seperti tanaman Cabai, Tomat, Kol, Terong, Bawang dan Bawang Prei, Saledri dan sayuran lainnya. Selain Padi, yang menjadi andalan petani disini,” ungkapnya.

Cerita Serda Asrizal sebagai Babinsa dimulai sejak dia memulai karier di Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2005 lalu, setelah lulus Tantama dengan pangkat Prada, dirinya lansung ditempatkan di Batalyon Infanteri Raider Khusus 111/ Karma Bhakti Kodam Iskandar Muda sejak tahun 2005 hingga akhir 2019 lalu.

“Setelah mengikuti Secaba Reg di Kodam Iskandar Muda dan lulus dengan pangkat Sersa Dua, saya berkeinginan untuk mengabdi di kampung halaman. Awal tahun 2020, saya ditempatkan di Koramil 01 Padangpanjang Kodim 03037 Tanahdatar, hingga sekarang,” sebutnya.

Menebar Kebaikan

Sebagai Babinsa yang membawahi Kelurahan Kampung Manggis, Serda Asrizal tentunya memiliki keinginan bagaimana masyarakat daerah binaannya menjadi mandiri dan produktif, salah satunya dengan memamfaatkan lahan-lahan pekarangan dan lahan kosong yang ada di daerah setempat.

“Sebelum kita mengajak orang untuk produktif, kita tentunya harus memberikan contoh terlebih dahulu. Sehingga, dengan bekal lahan produktif yang dimiliki Koramil 01 Padangpanjang, saya mencoba menanami 850 batang Terong dan saat ini telah mulai berbuah,” sebutnya.

Dijelaskannya, dipilihnya tanaman Terong sebagai percontohan, selain mudah merawatnya dan bisa ditanami di kebun, pekarangan ataupun di Pollybag, Terong juga memiliki harga ekonomis yang tinggi.

“Kita juga melakukan pendampingian kepada kelompok-kelompok masyarakat dalam bidang pertanian dan peternakan serta kegiatan kemasyarakatan lainnya. Sehingga, bisa mewujudkan kemandirian pangan yang menjadi program nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Serda Asrizal juga meminta kepada masyarakat, jika ada yang ingin bertanya atau melakukan konsultasi terkait kegiatan pembinaan pertanian dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Bisa langsung menghubungi dirinya ke nomor 085359984319.

Dukung Penanganan Inflasi Daerah

Terpisah, Danramil 01 Padangpanjang Kapten Inf Ibrahim ketika ditemui menyebutkan,  program pembinaan yang dilakukan oleh Babinsa yang ada di Koramil 01 Padangpanjang sesuai dengan  Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP ).

“Babinsa yang ada di Koramil 01 Padangpanjang sebanyak 8 orang yang membawahi 8 kelurahan di dua kecamatan. Selain Pertanian, juga ada program penanganan Stunting, Babinsa Masuk Dapur, Wawasan Kebanggsaan (Bela Negara),” sebut Danramil.

Kapten Inf Ibrahim juga menyebutkan, pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa di Koramil 01 Padangpanjang untuk membantu pemerintah dalam mengatasi inflasi daerah, dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong, pekarangan dan pollybag dengan tanaman pangan.

“Kita juga berharap agar kedepannya setiap Babinsa memiliki kegiatan produktif di tengah masyarakat sesuai dengan potensi di daerah pengabdian masing-masing. Kegiatan P3MP ini dapat menunjukkan Babinsa di daerah setempat tidak hanya sekadar berbicara saja, tetapi juga memberikan aksi yang bermanfaat di tengah masyarakat,” jelasnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.