rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Semen Padang Kembali Salurkan Bantuan Air Bersih di Batu Gadang

Semen Padang Kembali Salurkan Bantuan Air Bersih di Batu Gadang

Semen Padang kembali salurkan bantuan air bersih di Batu Gadang.


Padang, rakyatsumbar.id – Warga Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, khususnya di RW 01, mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang kembali menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang yang terjadi sejak hampir 2 bulan belakangan ini.

“Alhamdulillah, terima kasih Semen Padang yang kembali menyalurkan bantuan air bersih buat kami. Beberapa waktu lalu, Semen Padang juga hadir di tempat kami menyalurkan bantuan air bersih. Tentunya, bantuan air bersih ini sangat bermanfaat sekali buat kami,” kata Desi, salah seorang warga Batu Gadang yang mendapatkan bantuan air bersih dari Semen Padang, Rabu (18/10/2023).

Bantuan air bersih ini, katanya, sangat dibutuhkan warga Batu Gadang, terutama di kawasan Kasumbo. Karena, ratusan rumah akibat kemarau panjang sudah mengalami krisis air, sementara setiap harinya warga butuh air bersih untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) serta memasak.

“Memang beberapa rumah di kawasan Kasumbo ini rata-rata memiliki sumur. Tapi, akibat kemarau ini, air sumur sudah tidak layak lagi. Airnya keruh, karena sudah bercampur sendimen berupa material tanah dan pasir. Tentunya, sangat tidak layak untuk digunakan,” ujarnya.

Ketua RT03, RW01 Batu Gadang bernama Rita Erlinda mengatakan bahwa di RT nya, sedikitnya terdapat 153 KK yang mengalami krisis air bersih. Dan, kepedulian PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan air bersih untuk warganya, tentunya semakin menunjukan bahwa PT Semen Padang adalah perusahaan yang peduli terhadap masyarakat lingkungan.

“Jadi, kami sebagai warga Batu Gadang, bangga menjadi bagian dari masyarakat lingkungan Semen Padang. Dan, semua warga di RT03 ini juga sangat senang sekali bisa menerima bantuan air bersih dari Semen Padang ini. Semoga, Semen Padang sebagai perusahaan semen kebanggan kami, terus menebar kebaikan bagi masyarakat. Kami pun, mendoakan agar Semen Padang terus maju dan berkembang,” katanya.

Sementara itu, Lurah Batu Gadang Syafriadi menyebut sejak terjadinya kemarau, masyarakat Batu Gadang, khususnya di RT03, RT05 dan RT06, RW 01 Kasumbo, mulai mengalami kriris air bersih hampir 2 minggu ini lamanya. Bahkan, jumlah rumah warga yang terdampak kriris air bersih mencapai ratusan. Untuk itu, sebagai wakil pemerintahan di tingkat kelurahan, dia pun mengucapkan terima kasih kepada PT semen Padang yang telah menyalurkan bantuan air bersih.

“Kami mengapresiasi dan sangat berterima kasih kepada Semen Padang. Bukan hari ini saja Semen Padang melalui Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku hadir membantu warga kami yang kesulitan air bersih, tapi hampir setiap kemarau, warga kami selalu diberikan bantuan air bersih. Bahkan pada kemarau tahun ini, Semen Padang sudah berulang kali mendistribusikan air bersih untuk warga kami,” katanya.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, penyaluran bantuan air bersih kepada warga Batu Gadang ini merupakan bentuk perhatian perusahaan kepada masyarakat. Dan, bantuan air bersih kali ini merupakan yang ketiga disalurkan sepanjang Batu Gadang, khususnya Kasumbo, dilanda krisis air bersih.

“Tahap pertama kita salurkan 3 water truck air bersih dengan total 46 ribu liter, yang kedua 1 water truck sebanyak 16 ribu liter. Kemudian pada tahap ketiga yang disalurkan hari ini, jumlahnya sebanyak 1 truk atau 16 ribu liter. Semoga, bantuan air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga. Dan, mari kita berdoa semoga kemarau panjang ini cepat berakhir dan warga pun tidak kesulitan air bersih lagi,” kata Anita.

Dalam pendistribusian air bersih untuk masyarakat Kasumbo, Kelurahan Batu Gadang itu, PT Semen Padang menurunkan Mine Rescue Team dari Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku dengan personil sebanyak 5 orang dan didukung oleh 1 truck tanki air.(mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.