18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Selama Libur Lebaran Idul Adha, Jam Operasional Angkutan Barang di Sumbar Dialihkan Padang,

Selama Libur Lebaran Idul Adha, Jam Operasional Angkutan Barang di Sumbar Dialihkan Padang,

Selama libur lebaran Idul Adha, jam operasional angkutan barang di Sumbar dialihkan.


Padang, rakyatsumbar.id -Jam operasional kendaraan angkutan barang selama tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2023 dialihkan. Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas masa libur Lebaran dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444/2023.

“Jika pada libur Idul Fitri kita batasi kendaraan angkutan barang, untuk Lebaran Idul Adha ini kita hanya alihkan jam operasional menjadi malam hingga subuh,” sebut Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani, Selasa (27/6).

Ia mengatakan tujuan pengalihan jam operasional yang dilakukan untuk memastikan kelancaran lalu lintas selama libur. Sebab aktivitas masyarakat diprediksi akan lebih banyak siang hari.

“Jika sebelumnya truk dan angkutan barang beroperasi siang hari, mulai tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2023 hanya dibolehkan pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Pengalihan itu berakhir pada 2 Juli 2023 pada pukul 20.00 WIB,” ujarnya.

Ruas jalan yang dikenai kebijakan itu yaitu ruas jalur Padang-Solok, kemudian jalur Padang – Padangpanjang – Bukittinggi – Payakumbuh hingga perbatasan Riau.

“Namun tidak semua kendaraan angkutan barang yang dialihkan jam operasionalnya. Khusus untuk angkutan bahan bakar minyak (BBM), hantaran uang, angkutan hewan ternak, angkutan pupuk, pakan ternak dan angkutan barang kebutuhan pokok tetap bisa beroperasi siang hari,” terangnya.

Ia menyebutkan untuk menerapkan ini, kita sudah sepakati dengan pihak kepolisian. Untuk itu petugas juga akan ditempatkan pada titik-titik tertentu yang berpotensi kemacetan.

“Di titik-titik rawan kemacetan sudah ditempatkan petugas. Kita berharap kebijakan pengalihan jam operasional angkutan barang ini membantu kelancaran arus lalulintas pada libur lebaran Idul Adha di Sumbar,” bebernya.(mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.