22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Ramaikan Minangkabau Halal Fest 2023, Rumah BUMN PLN Sumbar Diserbu Ribuan Pengunjung

Ramaikan Minangkabau Halal Fest 2023, Rumah BUMN PLN Sumbar Diserbu Ribuan Pengunjung

Ramaikan Minangkabau Halal Fest 2023, Rumah BUMN PLN Sumbar diserbu ribuan pengunjung.


Padang, rakyatsumbar.id – Rumah BUMN PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat dibanjiri ribuan pengunjung pada perhelatan Minangkabau Halal Fest 2023, yang diselenggarakan di Universitas Padang (UNP) pada 8-10 September 2023.

Minangkabau Halal Festival 2023 merupakan acara yang diinisiasi oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sebagai salah satu upaya percepatan pengembangan industri halal di Provinsi Sumbar. Sebanyak 133 pelaku usaha terlibat dalam acara yang bertemakan “Sumatera Barat Menuju Produsen Halal Dunia” tersebut.

Adapun _booth_ Rumah BUMN PLN UID Sumbar menjadi _booth_ yang ramai dikunjungi oleh masyarakat, disana tampak kolaborasi produk unggulan dari pelaku usaha binaan Rumah BUMN Pasaman dan Rumah BUMN Dhamasraya seperti produk kuliner, kosmetik hingga kerajinan.

Tidak hanya itu, produk unggulan Rumah BUMN yang dipasarkan pada acara tersebut juga merupakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PLN UID Sumbar yang bernaung dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Kopi Parjock misalnya, salah satu pelaku UMKM binaan PLN asal Payakumbuh, yang terlibat dan mengungkapkan antusiasme dapat berpartisipasi pada Minangkabau Halal Fest 2023.

“Alhamdulillah berkat _event_ ini, usaha Kopi Parjock dapat semakin dikenal oleh masyarakat Sumbar, pada moment ini kami juga berkesempatan bisa meningkatkan kualitas dan penjualan produk melalui interaksi dengan banyak pengunjung yang hadir, terimakasih PLN sudah memfasilitasi kami dalam acara ini,” ujar John Aleksi, pemilik usaha kopi Parjock.

Sementara itu Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumatera Barat, Yenti Elfina, menyampaikan bahwa kehadiran Rumah BUMN PLN di Minangkabau Halal Fest 2023 ini tidak hanya sekadar turut menjadi peserta, namun PLN ingin bisa lebih dekat dengan masyarakat dengan produk yang berkualitas.

“Rumah BUMN yang hadir pada acara ini adalah binaan PLN Sumbar yang terus berkembang dan berkolaborasi bersama UMKM, pada _event_ ini kami memperkenalkan 30 jenis produk, diantaranya Kopi Parjock, Stik Keju Uni Cindy, Teh Heni Pisang Sale, Borkat Manian, Martinature, Alfina, Madu Zen Family, Jamu Tekjam, dan masih banyak lainnya lagi, kami ingin anggota rumah BUMN bisa tumbuh bersama menjadi UMKM Indonesia dengan produk halal yang berkualitas sehingga akan lebih dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan ini menurut Yenti diharapkan mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Sumatera Barat secara umum. Ini pun sejalan dengan prinsip _Sustainable Development Goals (SDGs)_ atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada perseroan khususnya pilar ke-8, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“PLN secara konsisten terus mendukung peningkatan ekonomi di tengah masyarakat Sumbar melalui Rumah BUMN seperti ini, dari segi produk kita punya kekuatan identitas lokal yang khas, harus kita tingkatkan bersama agar UMKM ini menjadi lebih maju di Indonesia hingga dunia,” ujar Yenti.

Diketahui selama gelaran _Event_ Minangkabau Halal Fest 2023, UMKM binaan Rumah BUMN PLN UID Sumbar meraup untung hampir Rp. 10 juta.

Tidak hanya berjualan, petugas di _booth_ juga gencar melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai solusi tepat kebutuhan layanan listrik pelanggan, serta sosialisasi Promo Tambah Daya Senyum Pelanggan PLN 2023 yang berlaku hingga akhir September 2023, dan Promo PLN Cinta (Cicilan Tanpa Bunga) yang masih berjalan hingga akhir tahun 2023. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.