24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » PPMTI Gelar Deklarasi Kebangsaan

PPMTI Gelar Deklarasi Kebangsaan

Foto bersama siswa pesantren PPMTI dan narasumber.


Padang, rakyatsumbar.id – Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islam (PPMTI) yang berada di Batang Kabung, Koto Tangah Kota Padang melaksanakan deklarasi kebangsaan tentang penguatan moderasi beragama di pesantren wilayah Sumbar.

Dalam kesempatan tersebut, PPMTI Batang Kabung Mahyudin Salif Tuangku Sutan menjelaskan, deklarasi kebangsaan ini bertujuan untuk menjaga kebersamaan dan persatuan.

“Kebersamaan dan persatuan pada saat ini perlu di ingatkan pada generasi penerus bangsa. Hal ini di karenakan pengaruh lingkungan mendominasi pembentukan akhlak generasi bangsa,” jelasnya, Minggu (26/11).

Mahyudin Salif Tuangku Sutan menambahkan, pada zaman perjuangan dahulu, penerus bangsa berusaha memperjuangkan bangsa dan menciptakan kebersamaan dan persatuan. Sehingga, pada masa penjajahan tersebut, di Sumatera Barat banyak tokoh – tokoh nasional yang lahir.

Mahyudin Salif Tuangku Sutan merasa gamang, karena dengan adanya sosial media menyebabkan terjadinya perubahan akhlak yang begitu cepat pada masyarakat.

“Kita lihat sendiri, dengan sosial media, banyak yang terpengaruh. Dengan adanya kegiatan penguatan moderasi beragama di harapkan dapat memberikan penyadaran kepada masyarakat khususnya siswa pesantren tentang pembentukan jiwa nasionalisme,” paparnya.

Oleh karena itu, kader-kader dari satri di harapkan dapat mengemban cita – cita leluhur bangsa.

Staf Ahli Bidang Pembangunan drh.Erinaldi yang menjadi narasumber kegiatan tersebut menjelaskan pendirian negara Indonesia dibangun oleh tokoh – tokoh agama.

“Dasar bernegara adalah Pancasila yang di implementasikan dalam UUD 1945. Apalagi negara ini di bangun oleh tokoh – tokoh agama. Dengan moderasi beragama ini di harapkan moderasi beragama sebagai salah satu program nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN),” tutupnya. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.