22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » PKM Biologi UNP Latih Guru Gugus 3 Tentang Soal Olimpiade

PKM Biologi UNP Latih Guru Gugus 3 Tentang Soal Olimpiade

PKM Biologi UNP latih guru Gugus 3 tentang sial Olimpiade.


Padang, rakyatsumbar.id – Pengabdian masyarakat berbentuk pelatihan kepada guru dengan soal-soal olimpiade matematika dan IPA yang berbasis pada soal kemampuan berpikir tingkat tinggi, telah di lakukan oleh tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Departemen Biologi Universitas Negeri Padang (UNP).

Pengabdian masyarakat dalam bentuk “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SD Pembimbing Olimpiade Matematika dan IPA telah berlangsung di Gugus 3 Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hal ini di ungkapkan oleh Ketua PKM Departemen Biologi UNP Sa’diatul Fuadiyah, M.Pd saat ditemui Harian Rakyat Sumbar di sela-sela kesibukannya di UNP, Senin (25/9)

Menurutnya, tim PKM UNP yang beranggotakan Nurul Afifah Rusyda, M.Pd (Departemen Matematika), Yusni Atifah, M.Si dan Afifatul Achyar M.Si ini bertujuan untuk mengubah paradigma bahwa matematika dan IPA adalah suatu ilmu pengetahuan yang sulit dan tidak menarik masih aktual hingga saat ini.

“PKM ini telah berlangsung pada 21 September 2023 berlokasi di SDN 12 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah. PKM ini bertujuan agar guru dapat memberikan bahan ajar, yang sesuai dengan soal – soal yang ada saat olimpiade.”

“Jika ini dilakukan, maka siswa akan terbiasa dengan soal yang sulit dan memudahkan guru dalam membimbing siswa menyelesaikan soal olimpiade sains,” jelasnya.

Sa’diatul Fuadiyah sering menemukan permasalahan yang menjadi kendala peserta didik dalam mengikuti olimpiade dalam menyelesaikan soal – soal olimpiade.

“Ketidakmampuan peserta didik dalam menjawab, harus secepatnya diatasi dengan cara memberikan bimbingan kepada peserta didik yang memiliki kompetensi dan memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti pembinaan oleh guru Pembina olimpiade” tambahnya.

Sa’diatul Fuadiyah berharap, agar SDN yang berada dalam wilayah Gugus 3 berpartisipasi aktif dalam kegiatan olimpiade, dengan mengikutkan siswanya untuk bertanding di ajang olimpiade setiap tahun.

“Kita sama – sama tahu, harapan dari sekolah maupun orang tua adalah meningkatnya kualitas pendidikan dengan lolos siswa ke tahap berikutnya dalam ajang olimpiade, dan dapat memenangi olimpiade tersebut. Sebelumnya, siswa selalu gagal seleksi untuk di tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Dengan adanya pengembangan kemampuan guru pembina olimpiade, diharapkan dapat memberikan pelatihan lebih lanjut kepada siswa.

“Pelatihan yang diberikan kepada guru diharapkan dapat meningkatkan kesiapan peserta olimpiade dalam mengikuti olimpiade baik di tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi. Hal ini dikarenakan, guru pembina olimpiade telah menguasai trend-trend soal olimpiade yang biasa dilombakan, karena tingkat kesulitan soal-soal dalam olimpiade termasuk ke dalam soal jenis C3-C6. Hal ini tentu perlu dilatihkan kepada siswa agar dapat lolos pada tahapan-tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Sekolah Dasar (SD) yang tergabung di dalam gugus III Kecamatan Koto Tangah adalah SDN 22 Lubuk Minturun, SDN 44 Sungai Lareh, SDN 12 Sungai Lareh, SDN 40 Sungai Lareh, SDN 09 Air Pacah, SDN 34 Air Pacah, SDN 41 Lubuk Minturun, SDN 36 Koto Panjang, SDN 46 Koto Panjang dan SD IUT Miftahul Huda. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.