09/02/2023
Beranda » Padang Bakal Terima Penghargaan Kota Peduli HAM

Padang Bakal Terima Penghargaan Kota Peduli HAM

Walikota Padang Hendri Septa akan menerima penghargaan Kota Peduli HAM.

Padang, rakyatsumbar.id – Dibawah kepemimpinan Wali Kota Padang Hendri Septa, Pemerintah Kota Padang tak henti-hentinya mendulang prestasi.

Kali ini penghargaan yang bakal diterima oleh Pemerintah Kota Padang adalah Kota Peduli Hak Azazi Manusia (HAM).

Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM RI itu bakal diterima oleh Walikota Padang Hendri Septa pada Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 pada 12 Desember 2022 mendatang, di Jakarta.

Plt Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Padang Ayu Cyanthia mengatakan, penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM merupakan penghargaan yang kedelapan kalinya.

Uniknya penghargaan itu secara berturut-turut sejak 2015 di terima oleh Pemerintah Kota Padang.

Alhamdulillah untuk kedelapan kalinya Pemerintah Kota Padang berhasil mempertahankan penghargaan sebagai kota peduli HAM.”

“Seingat saya kita satu-satunya kabupaten/kota di Sumatera Barat yang berhasil mempertahankan penghargaan ini secara berturut-turut,” ucap Ayu Cyanthia, Senin (5/12/2022).

Plt Kepala Bagian Hukum itu menambahkan, sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Indikator penilaian kota Peduli Hak Asasi Manusia diantaranya meliputi hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan.

“Kita Pemerintah Kota Padang telah memenuhi indikator tersebut diantaranya kita memiliki website JDIH dimana masyarakat dapat mengakses secara langsung produk-produk hukum yang kita keluarkan.”

“Kita juga menyediakan bantuan hukum untuk masyarakat miskin dan membantu OPD dalam menyusun berbagai produk hukum,” ungkapnya.

Terpisah, Walikota Padang Hendri Septa mengucapkan syukur dan bangga atas penghargaan ini.

Menurutnya, penghargaan yang bakal diterima itu hasil kerja keras pimpinan OPD terutama bagian hukum di lingkungan Pemerintah Kota Padang serta dukungan dari masyarakat Kota Padang.

“Kita berharap penghargaan yang kita terima ini dapat meningkatkan semangat kerja kita dalam melayani masyarakat terutama mengenai bantuan hukum,” pungkas Wako Hendri Septa. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.