26/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Mentawai Tanpa Calon Perseorangan pada Pilkada 2024

Mentawai Tanpa Calon Perseorangan pada Pilkada 2024

Surya Andika Divisi Teknik Komisioner KPU Mentawai saat memberikan keterangan pada media.


Mentawai, rakyatsumbar.id – Suhu politik di Kabupaten Kepulauan Mentawai menjelang pemilihan kepala daerah serentak nasional mulai memanas.

Pasalnya, hampir di setiap warung dan perkantoran membicarakan tentang calon kepala daerah namun sayangnya, tidak satupun pasangan calon perseorang an yang mendaftar ke Kantor Pemilu Umum (KPU) Mentawai.

Hal tersebut diungkapkan, Surya Andika Devisi Tekhnik komisioner KPU Mentawai. beberapa tahapan pemilihan serentak nasional 2024 pemilihan pasangan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai telah melalui 3 tahapan. Tahan pertama pada 5-7 mei 2024 tentang besaran syarat dukungan dan penyebaran dukungan, 8-12 mei 2024, pendaftaran dan penyampaian surat dukungan.

“Sesuai dengan aturan PKPU nomor 2 tahun 2024 besaran dukungan untuk calon perseorangan pada pemilihan serentak nasional 2024, pemilihan pasangan Bupati dan wakil bupati sepuluh persen dari jumlah daftar pemilih tetap terakhir dan sebarannya lebih dari Limapuluh persen. Sementara daftar DPT terakhir 66.129 000 pemilih dan sepuluh kecamatan di Mentawai.

Untuk memenuhi persyaratan perseorang tersebut harus memiliki 6.612 pemilih dalam bentuk KTP serta sebaran di enam kecamatan,” jelas Surya Andika, dalam jumpa pers, di kantor KPU jalan raya Tuapeijat km 7 Sipora Jaya.

Lanjutnya, Setelah habis waktu tahapan kedua tentang pendaftaran calon perseorangan namun tidak satupun pasangan yang mendaftar, ungkap Andika

Sementara tahapan ketiga pemilihan serentak nasional 2024 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati dari partai politik dimulai tanggal 27-29 agustus 2024.

“Persyaratan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada pemilihan serentak nasional 2024 yang diusung partai politik setiap pasangan minimal harus dua puluh persen dari jumlah anggota legislatif terpilih yang duduk di DPRD,” kata Andika.

Dalam kesempatan tersebut sejumlah wartawan dan empat anggota komisioner KPU hadir, diantaranya, Surya andika, Ekki Butman, Kurnia Illahi, Sunarno. (bst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.