19/08/2022
Beranda » Membangun Negeri Dengan Olahraga

Membangun Negeri Dengan Olahraga

Oleh : Akhiruddin, S.Pd

Terinspirasi dengan kesuksesan anak-anak yang berawal dari peran orang tua dalam mengarahkan dan menyalurkan minat dan bakat hingga menjadi anak yang berprestasi. Sebagai orang tua siapa yang tidak ingin anaknya menjadi orang sukses. Dari itulah semua ini penulis lakukan dengan prinsip hidup “Mengapa Orang Lain Bisa”.

Aktivitas ini dimulai sekitar 9 tahun yang lalu atau pada tahun 2011. Dengan dasar penulis takut anak-anak bergaul dan memiliki aktifitas yang tidak menentu. Setelah berdiskusi dengan mamanya, penulis memutuskan untuk memasukkan dan mengikuti anak-anak dalam kegiatan olahraga. Walaupun kedua orangtuanya bukanlah seorang atlet tetapi dengan keyakinan setiap usaha pasti akan ada hasil dan disamping itu aktivitas yang dilakukan adalah untuk menghindari anak-anak dari kegiatan negatif dan pergaulan bebas.

Setelah mencari informasi di lingkungan PT. Semen Padang yang terkenal dengan berbagai aktivitas olahraga yang kebetulan penulis juga bekerja di Yayasan Igasar Semen Padang tepatnya di unit SMK Semen Padang. Setelah mempertimbangkan dengan saksama akhirnya penulis memasukkan anak-anak untuk mendaftar sebagai calon atlet yang akan dibina di cabang olahraga bulu tangkis di PB Semen Padang. Walaupun dengan pertimbangan biaya yang cukup banyak untuk atlet pemula dengan menyiapkan kelengkapan seperti baju, sepatu, raket dan biaya lainnya, namun semuanya ikhlas penulis lakukan agar kelak anak-anak bisa mengisi waktunya untuk kegiatan positif.

Dengan status memiliki 1 orang putra dan 3 orang putri semuanya secara bertahap penulis aktifkan di bidang olahraga. Khusus untuk kakaknya penulis telah terlebih dahulu mengarahkannya di bidang olahraga sepak bola. Sejak kelas III Sekolah Dasar anak tertua penulis sudah mulai berlatih dan meniti kariernya yang dimulai dari SSB Semen Padang kemudian dapat melanjutkan cita-citanya di Diklat PPLP Sumatera Barat.

Dengan berbagai catatan prestasi yang pernah didapat mulai dari tingkat Regional, Nasional bahkan sampai mengikuti kejuaraan Internasional dengan mewakili Timnas Sepakbola Pelajar Indonesia pada kejuaraan pelajar tingkat Asia di Iran Tahun 2017, sekaligus juga sukses membawa Timnas Pelajar Indonesia keluar sebagai Juara II dengan memperoleh mendali Perak.

Sebagai pemain sepak bola yang menjadi atlet binaan Diklat PPLP Sumatera Barat dan bersekolah di SMA Negeri 5 Padang, Alhamdulillah setelah tamat dari SMA dapat mengikuti tes Bintara Polisi dan langsung lulus Secaba Polri tahun 2018 dan sekarang sudah berdinas di POLDA Sumatera Barat.

Berangkat dari torehan berbagai prestasi sang kakak itulah adik-adiknya juga tidak mau kalah. Dengan pembinaan dan latihan yang dilaksanakan secara terus menerus oleh pelatih-pelatih dari PB Semen Padang, ternyata sudah mulai bisa dibawa bertanding dan Alhamdulillah juga lama kelamaan sudah bisa menuai berbagai prestasi mulai dari tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi, Sumatera bahkan juga sudah sampai ke tingkat Nasional.

Dari berbagai catatan prestasi yang ditorehkan sampai saat ini terkhusus 2 orang putri penulis Hafifah Hidayatur Rahmi sang kakak telah mengikuti 42 kali pertandingan dan berhasil meraih medali 15 Emas, 6 Perak, 18 Perunggu dengan 2 kali mewakili Provinsi Sumatera Barat di Tingkat Nasional pada kejuaraan O2SN SD Tahun 2015 dan O2SN SMP Tahun 2018.

Sementara sang adik Hafifah Azzahra Mutania juga tidak mau kalah dengan berbagai prestasi yang diraihnya dengan mengikuti 39 kali pertandingan dan berhasil mengumpulkan medali 16 Emas, 8 Perak, 10 Perunggu dengan 2 kali mewakili Provinsi Sumatera Barat di Tingkat Nasional kejuaraan O2SN SD Tahun 2016 dan O2SN SMP Tahun 2019.

Walau telah meraih berbagai prestasi kedua putri penulis ini selalu rajin berlatih sampai saat ini di PB Semen Padang dan keduanya saat ini juga tercatat sebagai atlet binaan dari Dispora Kota Padang. Disamping berlatih secara rutin keduanya juga tercatat sebagai siswa yang aktif yang masing-masingnya bersekolah di SMA Negeri 4 Padang dan SMP Negeri 30 Padang dan keduanya sekolah masuk jalur prestasi. Untuk mencapai berbagai catatan prestasi bagi putra-putri penulis ini memang tak lepas dari kegigihan dan usaha orangtuanya seperti penulis yang selalu mengantar dan menunggu setiap hari anak-anaknya berlatih hingga pulang.

Sebagai catatan perjalanan diantaranya yang penulis lakukan dengan motor setiap hari adalah dari Seberang Padang (tempat tinggal penulis) pagi hari pergi kerja sekaligus membawa putranya yang sekolah di SMP Semen Padang, sepulang sekolah langsung mengantarnya untuk latihan tambahan (numpang berlatih) di Diklat PPLP Sumatera Barat yang berada di Sungai Sapih Kuranji, kemudian kembali penulis ke Seberang Padang menjemput anak-anak yang putri untuk diantar ke PB Semen Padang Indarung, lalu kembali lagi ke Diklat PPLP untuk menjemput putranya pulang dari latihan dan diantar ke Seberang Padang, lalu kembali lagi ke Indarung menjemput putrinya selesai latihan bulu tangkis dan kembali pulang ke Seberang Padang.

Inilah diantara kekuatan dan kebesaran Allah yang bisa penulis laksanakan tanpa ada keluhan baik itu rintangan seperti letih serta hujan dan panas yang selalu bergantian menerpa perjalan ini. Tiga tahun lamanya secara rutin penulis melaksanakan aktivitas ini, namun semua itu terbalaskan oleh Allah dengan berbagai hasil yang penulis dan keluarga sudah merupakan hal yang sangat luar biasa.

Sebelum penulis mengakhiri tulisan ini dengan judul “Membangun Negeri Dengan Olahraga” penulis menyampaikan terima kasih kepada para pengurus, pelatih dan keluarga yang telah ikut mendukung dan memberikan yang terbaik untuk putra-putri tercinta penulis. Sekaligus tulisan ini penulis buat sebagai hal untuk berbagi pengalaman dan motivasi bagi keluarga yang lain bukan maksud untuk menyombongkan diri, sesuai dengan yang penulis sampaikan dari awal “Mengapa Orang Lain Bisa”.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan mohon maaf kalau ada dari tulisan penulis ini yang tidak pada tempatnya. Semoga semua yang penulis lakukan ini mendapatkan keridhoan dari Allah dan semua kita diberikan kesuksesan oleh Allah SWT. Aamiin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.