12/08/2022
Beranda » Mahasiswa KKN Universitas Riau Produksi dan Bagikan Face Shield Gratis

Mahasiswa KKN Universitas Riau Produksi dan Bagikan Face Shield Gratis

Tandikek Utara, rakyatsumbar.id — Kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan di Indonesia telah membuat pemerintah berusaha dalam memutus rantai penyebaran virus, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk tetap berada di rumah saja. Namun, demi berjalannya roda kehidupan, masyarakat harus tetap beraktifitas di luar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Hal tersebut mendorong mahasiswa KKN Kukerta Balek Kampung Universitas Riau (UNRI) membuat salah satu Alat Perlindung Diri (APD) berupa Face Shield (alat pelindung wajah) yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat di Kenagarian Tandikek Utara, Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa KKN kepada masyarakat dimasa pandemi ini. KKN Balek Kampung merupakan bentukan baru dari sistem KKN dalam masa pandemi ini dengan mengabdi di kampung sendiri atau daerah tinggal asal. Tujuannya, agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga diri terhadap bahaya virus Covid-19 yang sedang melanda negeri ini. Selain itu, penggunaan Face Shield juga merupakan suatu bentuk kebiasaan baru (New Normal) masyarakat dalam menjalankan roda  aktivitas kehidupan sehari-hari.

Face Shield yang dibagikan merupakan hasil produksi sendiri mahasiswa KKN dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di pasaran. Face Shield yang diproduksi tentunya memperhatikan dan sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

Face Shield yang kami buat tentunya memperhatikan standar kelayakan agar nantinya dapat digunakan oleh masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari–hari demi terhindarnya dari penyebaran virus Covid-19. Face Shield ini dibagikan gratis kepada masyarakat” kata ketua Tim KKN UNRI, Andhika Rizaldi.

Sasaran utama dalam pembagian Face Shield ini adalah tempat umum, warung-warung, sekolah, perkantoran dan tempat-tempat keramaian yang beriko tinggi terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Pembagian masker juga dilakukan di kantor Wali Nagari Tandikek Utara.

“Face Sheild ini kita bagikan kepada pegawai dan staf di wali nagari, guru, penjaga warung dan tempat lainnya dimana orang-orang banyak berinteraksi dan berkumpul serta dianggap rawan akan penularan virus Covid-19,” pungkasnya.

Wali Nagari Tandikek Utara, Sabar, mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di nagarinya tersebut.

Tim KKN Balek Kampung UNRI yang diketuai Andhika Rizaldi foto bersama Staf dan Wali Nagari Tandikek Utara usai pembagian Face Shield.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran mahasiswa KKN UNRI yang telah berkontribusi terhadap Nagari Tandikek Utara ini, khususnya dalam penanggulangan penyebarab virus Covid-19 dengan membagikan Face Shield kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kegiatan ini, Mahasiswa telah ikut serta membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. Ia berharap, kegiatan ini memberikan dampak yang posistif bagi masyarakat akan pentingnya menjaga diri terhadap penularan Covid-19.

“Semoga kepedulian masyarakat semakin meningkat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” tutup Sabar. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.