04/12/2022
Beranda » Mahasiswa Baru PNP Ikuti Perkenalan Kampus dari Rumah

Mahasiswa Baru PNP Ikuti Perkenalan Kampus dari Rumah

Wakil Direktur I PNP Revalin didampingi Wakil Direktur III Junaldi saat pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) gelombang 1 yang diadakan secara virtual, Senin (27/07/2020).

Padang, rakyatsumbar.id–Perkuliahan di Politeknik Negeri Padang akan dimulai pada September mendatang. Saat ini kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) PNP Tahun Akademik 2020/2020  diadakan secara virtual. Kegiatan ini dilakukan untuk menghindari keramaian dalam mencegah penyebaran virus Korona(Covid-19).

“Untuk gelombang pertama PKKMB PNP diikuti sebanyak 453 orang, dan kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini telah dibuka  secara virtual oleh Direktur PNP Surfa Yondri dari Pelalawan, Provinsi Riau,” sebut Wakil Direktur III PNP Junaldi didampingi Wadir I PNP Revalin, Senin(27/07/2020).

Ia mengatakan, kegiatan pengenalan kampus untuk mahasiswa baru PNP dilaksanakan tiga tahap. Setelah gelombang pertama yang diikuti 453 orang mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), gelombang dua akan diikuti 680 orang, dan untuk gelombang tiga untuk penerimaan jalur mandiri.

“PKKMB yang dilaksanakan ini sesuai dengan petunjuk teknis dari Kemendikbud. Kegiatan dilaksanakan secara daring selama 4 hari, dan mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PNP ini mengungkapkan,  dalam kegiatan pengenalan kampus secara virtual tersebut mahasiswa bisa mengikuti kegiatan PKKMB ini di rumah mereka masing-masing dengan menggunakan aplikasi Zoom.

“Bagi dari mahasiswa yang tinggal di daerah yang sulit untuk mendapatkan sinyal diminta untuk mencari lokasi yang sinyal internet bagus. Ini supaya mereka dapat mengikuti kegiatan PKKMB  yang digelar dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang itu dengan baik,” terangnya.

Untuk pemateri sendiri, PNP menghadirkan Komandan Secata B Padangpanjang, Kepala Kanwil Pertahanan RI, Wali Kota Padang, Polda Sumbar, Kepala BPBD Sumatera Barat. Sementara untuk pelaksanaan hari pertama pematerinya khusus dari unsur pimpinan PNP dan Ormawa dari PNP.

Lebih lanjut, Junaldi menyampaikan meski pelaksanaan PKKMB secara virtual, namun nantinya akan ada kegiatan dari pengenalan kampus dimana mahasiswa baru untuk melihat kampus PNP secara langsung.

Kegiatan ini akan menerapkan standar prtokol kesehatan seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh dan lainnya.

“Agar tidak terjadi kerumunan maka mahasiswa baru tersebut dibagi dalam bentuk kelompok di setiap program studi. Mereka juga tidak dalam satu ruangan semuanya, tapi dipecah. Kita akan laksanakan kegiatan dengan protokol kesehatan, jadi harap aturan itu dapat diikuti,” bebernya.

Sementara itu Wakil Direktur I PNP Revalin mengatakan untuk perkuliahan mahasiswa baru akan dimulai pada 14 September mendatang usai pelaksanaan PKKMB secara keseluruhan tuntas dilaksanakan.Perkuliahan mahasiswa baru akan memakai sistem daring, sama seperti perkuliahan semester ganjil mahasiswa tingkat II,III, dan IV yang dimulai pada 7 September.

“PNP sebagai perguruan tinggi vokasi 60 persen perkuliahannya praktek. Meskipun dalam pandemi Covid-19, tapi tak semua kegiatan perkuliahan yang bisa dilaksanakan secara daring,” tambah Wakil Direktur PNP bidang akademik tersebut menuturkan.

Ia menjelaskan, ada diantaranya kuliah praktek yang memang harus langsung dan tidak bisa diwakilkan seperti yang pekerjaan tangan. Dimana harus dilakukan dengan tatap muka di labor. Namun jika perkuliahan tersebut hanya bersifat teori maka akan dilakukan dengan daring, disebabkan saat ini Kota Padang masih dalam kondisi pandemi virus Korona” pungkasnya. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.